cpu-data.info

Counterpoint: Pasar Smartphone Tumbuh pada Kuartal III-2024, Samsung Teratas

Ilustrasi ponsel lipat alias foldable phone dari Samsung, OnePlus, Google.
Lihat Foto

- Pasar smartphone global tumbuh pada kuartal ketiga (Juli-September) 2024. Menurut data firma riset Counterpoint Research, pada periode ini, volume penjualan (sell-through) smartphone dunia 2 persen dibandingkan kuartal III-2023 (year-on-year/YoY).

Counterpoint menyebut, ini menandai pertumbuhan empat kuartal berturut-turut, menandakan bahwa pasar smartphone sedang mengalami pemulihan.

Pada kuartal III-2024 ini, Samsung masih mengukuhkan diri sebagai penguasa pasar smartphone global, disusul oleh Apple, Xiaomi, Oppo, dan Vivo.

Research Director Counterpoint Research, Tarun Pathak mengatakan, Samsung mempertahankan posisinya berkat permintaan Galaxy A-series yang berkelanjutan dan kinerja seri S24 yang lebih baik. Namun, perangkat lipat Samsung, kata Pathak, mendapat sambutan yang biasa-biasa saja.

Apple yang menempati di posisi kedua mengamankan 16 persen market share. Pathak menyebut, Apple sempat menjadi merek terbesar global pada September dibantu oleh peluncuran iPhone 16. Meskipun penjualan seri iPhone 16 tetap datar dan pada akhirnya Apple menempati peringkat kedua.

Daftar 5 besar vendor smartphone global kuartal III-2024, Samsung teratas.Counterpoint Research Daftar 5 besar vendor smartphone global kuartal III-2024, Samsung teratas.
Xiaomi berada di posisi ketiga dengan pangsa pasar 14 persen. Pathak menyebut, Xiaomi melanjutkan momentum pertumbuhannya yang kuat dan naik 8 persen YoY. Xiaomi dilaporkan sempat menempati posisi kedua pada Agustus.

Baca juga: 5 Besar Vendor Smartphone Global Kuartal III-2024 Versi Canalys, Samsung Teratas

Oppo dan Vivo melengkapi lima besar vendor smartphone global periode kuartal III-2024, dengan pangsa pasar 9 persen.

Meski berada di posisi bontot, Vivo menjadi satu-satunya vendor dengan pertumbuhan penjualan paling cepat dibandingkan empat vendor lainnya. Pada periode Juli-September 2024, Vivo mencetak pertumbuhan 10 persen secara YoY.

Selain lima vendor teratas, Pathak menyebut, Counterpoint melihat pertumbuhan cepat dari merek-merek lain. Misalnya, Huawei dan Motorola yang tumbuh hampir 30 persen dari tahun ke tahun. Motorola dan Google juga mencatat volume penjualan ponsel pintar tertinggi mereka dalam satu kuartal di kuartal ketiga.

Berikut daftar 5 besar vendor smartphone dunia kuartal ketiga (Q3) 2024 versi Counterpoint Research, seperti dirangkum KompasTekno, Senin (21/10/2024).

5 besar vendor smartphone Market share Q3 2024 Market share Q3 2023 Pertumbuhan tahunan
Samsung 19 persen 20 persen <1 persen
Apple 16 persen 16 persen 1 persen
Xiaomi 14 persen 13 persen 8 persen
Oppo 9 persen 9 persen -3 persen
Vivo 9 persen 8 persen 10 persen
Lainnya 34 persen 34 persen 3 persen
Total 100persen 100 persen 2 persen

Counterpoint menampilkan data berdasarkan jumlah sell-through. Jika sell-in adalah jumlah pengiriman dari produsen ke distributor, kemudian sell-out adalah jumlah penjualan dari distributor kepada konsumen, sell-through ini adalah jumlah yang mencakup proses keseluruhan. Artinya mirip dengan jumlah terjual dalam data sell-out.

Baca juga: 10 HP Terlaris di Dunia Sepanjang 2023 Versi Counterpoint

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat