cpu-data.info

7 Tips agar Tidak Menerima E-mail Spam dan Promosi Terus Menerus

Cara daftar akun Gmail.
Lihat Foto


- Menerima e-mail spam dan promosi yang terus menerus tentu sangat mengganggu, terutama jika kotak masuk Anda dipenuhi dengan pesan-pesan yang tidak relevan. Selain membuat Anda kesulitan dalam menemukan e-mail penting, pesan-pesan promosi yang tidak diinginkan ini juga dapat mengalihkan fokus dan memakan waktu.

Tidak hanya itu, penumpukan e-mail promosi juga bisa berdampak pada kapasitas penyimpanan e-mail Anda. Layanan e-mail biasanya memiliki batas penyimpanan, dan semakin banyak e-mail spam yang diterima, semakin cepat ruang penyimpanan terisi.

Jika tidak dikelola dengan baik, Anda mungkin harus sering membersihkan kotak masuk atau bahkan menghapus pesan-pesan lama yang sebenarnya masih penting untuk mengosongkan ruang.

Selain itu, e-mail spam sering kali datang dalam bentuk yang berulang, membuat Anda semakin jenuh melihat kotak masuk yang penuh dengan pesan-pesan promosi dari berbagai sumber.

Beberapa e-mail promosi ini bahkan mengandung tautan yang bisa berisiko terhadap keamanan, seperti membawa Anda ke situs yang tidak aman. Oleh karena itu, penting untuk segera mengambil langkah pencegahan agar kotak masuk Anda tetap bersih, aman, dan hanya diisi dengan e-mail yang benar-benar relevan dan penting.

Lantas bagaimana tips agar tidak menerima e-mail spam dan promosi terus menerus, selengkapnya berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Penyimpanan Gmail Penuh padahal E-mail Sudah Dihapus, Mudah

Kurangi publikasi e-mail secara online

Jangan pernah mempublikasikan alamat e-mail Anda secara online, karena spammer dapat menggunakan alat untuk mengumpulkan alamat email dari internet. Jika alamat email Anda terlihat di web, spammer bisa menggunakannya untuk mengirim spam atau menjualnya ke pihak lain.

Untuk menghindarinya, hindari mempublikasikan alamat e-mail Anda di mana pun. Gunakan formulir kontak seperti Google Forms atau Jotform di situs web bisnis agar pelanggan bisa menghubungi Anda tanpa mengekspos alamat e-mail.

Pastikan juga alamat e-mail Anda bersifat pribadi di media sosial, atau hanya tampil untuk orang yang Anda percayai.

Berhati-hatilah dalam memberikan e-mail Anda

Pastikan hanya memberikan alamat e-mail kepada organisasi yang Anda percaya. Saat mendaftar untuk buletin atau layanan, pilihlah hanya yang benar-benar ingin Anda terima. Ini akan membantu mengurangi risiko email Anda digunakan untuk mengirim spam atau dibagikan dengan pihak ketiga yang tidak diinginkan.

Berhenti berlangganan dari Newsletter yang tidak diinginkan

Secara berkala, periksa kotak masuk Anda dan berhenti berlangganan dari newsletter atau e-mail promosi yang sudah tidak ingin Anda terima. Biasanya, perusahaan yang sah akan menyediakan tautan "berhenti berlangganan" di bagian bawah setiap e-mail mereka.

Dengan mengklik tautan ini, Anda bisa menghentikan e-mail yang tidak relevan dan menjaga kotak masuk tetap rapi. Ini juga akan membantu mengurangi gangguan dan memudahkan Anda untuk fokus pada e-mail yang benar-benar penting.

Gunakan beberapa alamat e-mail

Buat beberapa akun email untuk keperluan yang berbeda. Misalnya, satu e-mail khusus untuk komunikasi pribadi, satu lagi untuk pekerjaan, dan satu lagi untuk belanja online atau berlangganan newsletter.

Dengan cara ini, jika salah satu akun mulai menerima banyak spam, e-mail utama Anda yang lebih penting tetap aman dan tidak terganggu. Memisahkan penggunaan e-mail juga memudahkan Anda dalam mengelola pesan, sehingga kotak masuk lebih terorganisir dan Anda bisa fokus pada hal-hal yang lebih penting tanpa perlu khawatir tentang spam yang membanjiri semua akun.

Sesuaikan pengaturan privasi

Periksa dan atur ulang pengaturan privasi di media sosial dan platform lain untuk membatasi siapa saja yang bisa melihat alamat e-mail Anda. Pastikan hanya orang-orang yang Anda percayai yang bisa mengakses informasi tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat