cpu-data.info

5 Besar Vendor Smartphone Global Kuartal III-2024 Versi Canalys, Samsung Teratas

ilustrasi smartphone Android
Lihat Foto

- Firma riset Canalys merilis laporan berisi daftar 5 vendor yang menguasai pasar smartphone global pada kuartal ketiga (Juli-September) 2024 ini.

Menurut laporan Canalys, Samsung masih mengukuhkan diri sebagai penguasa pasar smartphone global dengan 18 persen pangsa pasar pada kuartal III-2024. Pangsa pasar ini turun 3 persen dari kuartal III-2023. 

Samsung dan Apple sebenarnya memiliki pangsa pasar yang sama, yaitu 18 persen. Namun, menurut Canalys, Samsung memimpin tipis dari Apple. Kendati demikian Canalys tidak merinci jumlah unit smartphone yang dikirimkan oleh masing-masing vendor.

Di posisi kedua, Apple mengamankan 18 persen market share, naik 1 persen dari pangsa pasar kuartal III-2023.

Baca juga: iPhone 15 Pro Max Jadi Smartphone Terlaris di Dunia

Menurut analis Canalys Runar Bjørhovde, Apple mencapai volume kuartal ketiga tertinggi pada kuartal III-2024 ini. Ini didorong oleh permintaan yang kuat untuk seri iPhone 15 dan iPhone model lama.

"Apple belum pernah sedekat ini untuk memimpin pasar ponsel pintar global di kuartal ketiga (Q3) seperti sekarang," tulis Bjørhovde dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (15/10/2024).

Daftar 5 vendor yang menguasai pasar smartphone global pada kuartal ketiga (Juli-September) 2024 ini, Samsung teratas.
Canalys Daftar 5 vendor yang menguasai pasar smartphone global pada kuartal ketiga (Juli-September) 2024 ini, Samsung teratas.
Di peringkat ketiga, Xiaomi mengamankan 14 persen pangsa pasar dan mempertahankan posisinya sebagai vendor smartphone di tiga besar global pada periode Juli-September 2024.

Kemudian, Oppo merebut kembali posisi keempat untuk pertama kalinya tahun ini dengan pangsa pasar 9 persen, didukung oleh pertumbuhan yang kuat di India dan Amerika Latin.

Baca juga: 10 Tanda Harus Ganti Smartphone Baru

Canalys mencatat, Vivo meningkatkan pengirimannya hingga dua digit untuk menguasai 9 persen pasar, sekaligus melengkapi daftar 5 besar vendor smartphone global kuartal III-2024.

Secara umum, Canalys melaporkan pasar smartphone global tumbuh 5 persen secara YoY (tahun-ke-tahun) pada kuartal III-2024 ini. Ini menandai pertumbuhan kuartal keempat berturut-turut.

Pertumbuhan ini didorong oleh permintaan yang kuat di negara-negara berkembang serta tren penggantian atau upgrade pertangkat di Amerika Utara, China, dan Eropa.

Berikut ini daftar 5 besar produsen smartphone global kuartal-III (Juli - September) 2024:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat