cpu-data.info

Bocoran Performa Chip Snapdragon 8 Elite, Panas dan Boros Daya?

Ilustrasi Snapdragon 8 Elite.
Lihat Foto

- Qualcomm disinyalir akan memperkenalkan chipset terbaru mereka untuk ponsel flagship, yaitu Snapdragon 8 Elite dalam waktu dekat. Nah, bocoran performa chipset inipun kini sudah berseliweran di internet.

Berdasarkan sebuah posting di media sosial Weibo yang konon berasal dari akun resmi Qualcomm, prosesor (CPU) chipset penerus Snapdragon 8 Gen 3 ini memiliki kecepatan clock dasar (base) 2,78 GHz dan boost 4,09 GHz.

Namun, tampak ada keanehan. Dalam pemakaian normal suhu chipset ini bisa mencapai 98,5 derajat Celcius. Artinya, panas CPU ini nyaris sama seperti panas air mendidih dengan suhu 100 derajat Celcius.

Ketika mencapai suhu tersebut, chipset ini memiliki konsumsi daya sekitar 20 watt. Menurut laporan XDADevelopers, angka ini lebih tinggi dari konsumsi daya Snapdragon 8 Gen 2 atau Gen 3 yang masing-masing memiliki daya tertinggi hingga 13,67 dan 17,37 watt.

Baca juga: Sesumbar Qualcomm, Snapdragon X Elite Lebih Kencang dari Apple M3

Ini artinya, beberapa vendor ponsel harus menyematkan baterai dengan kapasitas yang lebih besar dari biasanya, mungkin 6.000 mAh alih-alih 5.000 mAh, lantaran Snapdragon 8 Elite akan memiliki konsumsi daya yang cukup tinggi.

Ilustrasi tampilan benchmark yang menampilkan temperatur Snapdragon 8 Elite.Gizmochina Ilustrasi tampilan benchmark yang menampilkan temperatur Snapdragon 8 Elite.

Belum bisa dipastikan apakah performa, suhu maksimal, dan konsumsi daya Snapdragon 8 Elite tadi benar seperti itu atau tidak.

Namun yang jelas, posting di atas diunggah sekitar tiga bulan lalu, sehingga Qualcomm boleh jadi sudah melakukan sejumlah optimalisasi supaya chipset teranyarnya memiliki performa tinggi, tetapi tidak panas dan tetap efisien.

Di luar Snapdragon 8 Elite yang memiliki CPU dengan base dan boost clock 2,78 GHz dan 4,09 GHz, Qualcomm juga kabarnya memiliki varian lain Snapdragon 8 Elite yang tengah diuji coba oleh Samsung. 

Baca juga: Qualcomm Rilis Chip Snapdragon 6 Gen 3, Bawa AI untuk HP Menengah

Dua di antaranya adalah chipset Snapdragon 8 Elite yang memiliki CPU dengan kecepatan clock base/boost mencapai 2,90/4,19 GHz dan CPU dengan 3,53 GHz/4,47 GHz, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Minggu (20/10/2024). 

Belum bisa diketahui apakah performa varian lain dari Snapdragon 8 Elite tersebut, yang mirip performa CPU PC atau laptop, akurat atau tidak. Kita nantikan saja informasi pastinya di acara pengenalan chipset terkuat Qualcomm selanjutnya dalam beberapa waktu ke depan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat