cpu-data.info

Qualcomm Rilis Chip Snapdragon 6 Gen 3, Bawa AI untuk HP Menengah

Qualcomm rilis chip Snapdragon 6 Gen 3 untuk smartphone kelas menengah
Lihat Foto

- Pabrikan semikonduktor asal Amerika Serikat, Qualcomm, meluncurkan system on chip (SoC) baru, yaitu Snapdragon 6 Gen 3. Chipset ini dirancang perusahaan untuk menenagai smartphone kelas menengah.

Sebagai produk terbaru, Snapdragon 6 Gen 3 dibekali beberapa peningkatan. Aspek performa chip ini bahkan nyaris setara dengan "kakaknya" Snapdragon 7s Gen 2, chip kelas menengah Qualcomm lainnya dari lini Snapdragon 7-series yang rilis tahun lalu.

Pasalnya, kedua chip ini sama-sama menawarkan CPU dengan clockspeed sampai 2,4 GHz.

Snapdragon 6 Gen 3 memiliki total empat inti (core), terdiri dari empat core Cortex-A78 2,4 GHz untuk menunjang performa, serta empat core Cortex-A55 1,8 GHz untuk aspek efisiensi daya. Urusan grafisnya diakomodir GPU Adreno 710.

Chip yang dirancang dengan fabrikasi 4 nanometer (nm) ini mendukung RAM LPDDRX4x maupun LPDDR5, serta penyimpanan (storage) UFS 3.1.

Baca juga: Qualcomm Rilis Chip Snapdragon 7s Gen 3, Bawa AI ke Ponsel Murah

Menurut Qualcomm, Snapdragon 6 Gen 3 menawarkan peningkatan kinerja CPU hingga 10 persen dibanding pendahulunya, Snapdragon 6 Gen 1. GPU-nya juga membawa peningkatan kinerja sampai 30 persen.

Berkat peningkatan itu, Snapdragon 6 Gen 3 menawarkan performa multitasking yang lebih mulus, percepatan saat memuat (loading) aplikasi hingga pengalaman gaming yang lebih baik.

Untuk menunjang pengalaman gaming yang mulus, Snapdragon 6 Gen 3 dilengkapi fitur gaming Qualcomm, termasuk Variable Rate Shading untuk meningkatkan daya dan kinerja chipset saat dipakai untuk menjalankan game, hingga Qualcomm Game Color Plus agar membuat visual game lebih detail dan tajam.

Sebagaimana chip kekinian lainnya, Snapdragon 6 Gen 3 juga dibekali dukungan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Baca juga: Qualcomm dan Intel Tak Bisa Lagi Jual Chip ke Huawei

"Qualcomm AI Engine dengan peningkatan kinerja lebih dari 20 persen memungkinkan fitur berbasis AI yang ditingkatkan, misalnya peredam bising, asisten suara hingga kemampuan kamera yang kian cerdas," demikian keterangan Qualcomm tentang dukungan AI di Snapdragon 6 Gen 3, dikutip KompasTekno dari situs resmi Qualcomm, Senin (2/9/2024).

Urusan foto dan video, Snapdragon 6 Gen 3 bisa mengokomodasi penggunaan tiga kamera dan mendukung resolusi kamera hingga 200 MP.

Chip ini juga dibekali fitur berbasis AI untuk meningkatkan kualitas foto yang diambil dalam kondisi cahaya minim.

Snapdragon 6 Gen 3 dilengkapi modem Snapdragon 5G Modem-RF System. Artinya, perangkat dengan chip ini bisa mengakomodasi jaringan 5G. Chipset ini juga mendukung WiFi 6 dan WiFi 6E, Bluetooth 5.2 serta NFC.

Qualcomm belum mengumumkan smartphone mana saja yang akan mengadopsi chip baru ini. Yang jelas, chip ini akan menenagai smartphone kelas menengah di waktu mendatang. Kita tunggu saja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat