cpu-data.info

Bocoran Tampang PlayStation 5 Pro Beredar, Meluncur Sebentar Lagi?

PS5 Slim
Lihat Foto

- Raksasa teknologi Sony dikabarkan tengah menyiapkan versi baru dari konsol PlayStation 5 (PS5), yaitu PS5 Pro. PS5 Pro dirumorkan akan diumumkan secara resmi pada paruh pertama September 2024.

Walaupun belum dikonfirmasi kehadirannya oleh Sony, desain dan spesifikasi PS5 Pro sudah bocor di media sosial. Tampang PS5 Pro dibeberkan oleh pembocor game Billbil-kun, lewat situs komunitas berbagi promosi produk bernama Dealabs.

Sketsa yang dibuat Billbil-kun menunjukkan bahwa PS5 Pro memiliki desain yang mirip seperti PS5 Slim keluaran Oktober 2023 lalu. Bodi PS5 Pro dibalut warna putih, dan bagian depan bodi ini dihias oleh dua port USB-C serta tombol daya (power).

Baca juga: Tanda-tanda Kehadiran PS5 Pro Semakin Dekat

PS5 Pro kemungkinan juga memiliki panel samping yang bisa dilepas, sama seperti PS5 Slim. Dengan begitu, panel ini bisa diganti dengan panel berwarna lain misalnya hitam, merah jambu, ungu, dan masih banyak lagi.

Bocoran tampilan PS5 ProGizChina Bocoran tampilan PS5 Pro
Bedanya, bodi PS5 Pro mempunyai tiga garis hitam yang tidak ada di PS5 model reguler dan model Slim.

Tidak diketahui apakah garis ini mempunyai kegunaan atau hanya menjadi pembeda desain antara model Pro dan model PS5 lainnya.

PS5 Pro juga tampaknya tidak dibekali laci cakram (disc drive) yang bisa dilepas pasang (detachable). Artinya, gamer hanya bisa menikmati game digital di PS5 Pro. Jika ingin bermain menggunakan kaset fisik, gamer mesti membeli disc drive secara terpisah.

Sebagai perbandingan, PS5 Slim dijual dalam dua varian, yaitu varian dengan disc drive dan varian tanpa disc drive. Laci cakram ini bisa dibeli secara terpisah di Indonesia dengan harga Rp 1,8 juta.

PS5 Pro konon bakal dibekali controller DualSense versi "reguler", bukan Edge.

Baca juga: Sekian Jumlah PS5 yang Terjual sampai Sekarang, Masih Kalah Jauh dari PS4

Adapun controller DualSense Edge menawarkan sejumlah peningkatan dibanding model reguler, seperti bodi yang lebih kokoh, opsi untuk melakukan kustomisasi controller, serta peningkatan di touchpad dan tombol trigger.

Billbil-kun tidak mengumbar spesifikasi lengkap dan harga PS5 Pro. Namun, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tipster ini mengeklaim konsol ini bakal diumumkan pada paruh pertama September 2024.

Storage 2 TB

Youtuber teknologi bernama MooresLawIsDead mengeklaim bahwa PS5 Pro akan memiliki media penyimpanan (storage) seluas 2 TB. Ini meningkat dari 1 TB di konsol PS5 "reguler".

Dengan begitu, pemain bisa menyimpan lebih banyak game di konsol PS5 miliknya. Hal ini menjadi penting karena game berbujet tinggi (triple-A/AAA) zaman sekarang membutuhkan ruang penyimpanan yang luas, bahkan hingga ratusan GB per game.

Perlu dicatat, storage 2 TB ini konon ditemukan di unit devkit PS5 Pro. Devkit adalah perangkat keras yang dikirimkan ke developer game untuk menguji coba karyanya itu di sebuah konsol. Perangkat keras ini tidak dirilis atau dijual secara publik.

Youtuber tersebut juga mengeklaim bahwa PS5 Pro bakal lebih sunyi dan dingin dibandingkan model standar. Suhu konsol menjadi penting, karena temperatur yang panas tentunya berbahaya untuk dipegang, dan berpotensi mengurangi frame rate dari game yang dimainkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat