cpu-data.info

Cara Mendapatkan Kode Verifikasi WhatsApp Jika Nomor Hilang, Jangan Panik

Cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp jika nomor hilang.
Lihat Foto

- Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dalam mengelola akun di aplikasi pesan instan WhatsApp. Salah satu panduan itu seperti cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp jika nomor hilang.

Sebagaimana yang cukup umum diketahui, WhatsApp menggunakan nomor telepon sebagai akun. Nomor telepon yang jadi akun WhatsApp itu perlu tetap terpasang di HP (handphone) untuk menerima kode verifikasi, seandainya pengguna butuh login ulang akun.

Baca juga: Cara Menggunakan Satu Nomor WhatsApp di Dua HP Sekaligus, Mudah dan Praktis

Pasalnya, saat login WhatsApp, pengguna bakal diminta untuk memverifikasinya dengan memasukkan kode verifikasi yang dikirim melalui nomor telepon, yang telah didaftarkan sebagai akun WhatsApp.

Jika nomor hilang, pengguna bakal kesulitan buat mendapatkan kode verifikasi untuk login akun WhatsApp. Kendati sulit, bukan berarti pengguna tak bisa mendapatkan kode verifikasi WhatsApp buat login akun seandainya nomor hilang.

Ada cara login WhatsApp dengan nomor yang hilang, yang masih bisa dilakukan. Cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp dengan nomor yang sudah hilang bakal membantu pengguna yang ingin login akun, tetapi nomor hilang.

Untuk itu, buat berjaga-jaga jika nomor tak sengaja hilang, pengguna perlu mengetahui cara mendapatkan kode verifikasi dengan nomor yang sudah hilang. Lantas, bagaimana cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp jika nomor hilang?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp dengan nomor yang sudah hilang secara mudah dan praktis.

Cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp jika nomor hilang

Cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp jika nomor hilang itu pada dasarnya cukup mudah. Dalam cara ini, pengguna tak perlu repot memakai aplikasi tambahan seperti pembuat nomor palsu yang belum tentu aman.

Cara login WhatsApp dengan nomor yang hilang bisa dilakukan tanpa aplikasi menggunakan langkah-langkah resmi dan aman yang tersedia di WhatsApp. Namun, untuk menjalankan cara ini, terdapat dua kondisi nomor hilang yang perlu dipahami pengguna.

Kondisi pertama adalah nomor hilang, tetapi akun WhatsApp masih dalam kondisi aktif, masih digunakan, atau masih login. Kemudian, kondisi kedua adalah nomor hilang, tetapi akun WhatsApp telah dikeluarkan.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul dengan Mudah dan Praktis

Dua kondisi itu punya penanganan yang berbeda dalam cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp jika nomor hilang. Jadi, ada beberapa cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp dengan nomor yang sudah hilang sesuai dengan kondisi tersebut.

Adapun penjelasan yang lebih detail mengenai beberapa cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp jika nomor hilang adalah sebagai berikut:

1. Ganti nomor WhatsApp

Cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp jika nomor hilang, yang pertama adalah pengguna bisa mengganti nomor WhatsApp yang terdaftar sebagai akun. WhatsApp memiliki fitur buat ganti nomor yang terdaftar sebagai akun.

Nomor yang hilang bisa diganti dengan nomor baru tanpa mengubah atau menghapus data akun WhatsApp. Dengan nomor yang telah diganti, pengguna nanti bisa memakainya buat login WhatsApp lagi. Adapun cara mengganti nomor WhatsApp adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Setelah itu, pilih menu “Settings” atau “Setelan”.
  • Kemudian, pilih menu pengaturan “Account”.
  • Klik opsi “Change number” atau “Ganti Nomor dan tekan “Lanjut”.
  • Masukkan nomor telepon lama yang telah hilang dan nomor telepon baru, lalu tekan “Lanjut”.
    Ilustrasi cara mengganti nomor WhatsApp./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengganti nomor WhatsApp.
  • Berikutnya, pengguna bisa mengaktifkan opsi “Beri tahu kontak” untuk memberi notifikasi ke kontak saat nomor telepon berganti.
  • Pengguna bisa memilih memberi tahu semua kontak, kontak yang ada di daftar chat, atau kontak tertentu. Semua grup yang diikuti akan otomatis diberi tahu.
  • Setelah mengatur pemberitahuan pergantian nomor, klik opsi “Selesai”.
    Ilustrasi cara mengganti nomor WhatsApp./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengganti nomor WhatsApp.
  • Masukkan kode verifikasi atau kode OTP yang dikirim WhatsApp ke nomor telepon baru dan nomor akan berhasil diganti tanpa mengubah atau menghapus data. Semua data chat, grup, dan media, bakal tetap tersedia setelah nomor diganti.
  • Jika nomor telah diganti, pengguna bisa memakainya untuk menerima kode verifikasi saat login WhatsApp di perangkat lain atau perangkat baru dengan data yang masih tetap sama (jika sudah dicadangkan).

Penting diketahui, cara ini hanya bisa dilakukan dalam kondisi nomor hilang, tetapi akun WhatsApp masih aktif atau dipakai login. Pasalnya, cara ini membutuhkan pengguna untuk mengakses pengaturan di akun WhatsApp.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat