cpu-data.info

10 Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul dengan Mudah dan Praktis

Cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul.
Lihat Foto

- Pengguna kiranya penting untuk mengetahui panduan dalam mengatasi beberapa masalah yang umum terjadi pada aplikasi WhatsApp atau biasa disingkat WA. Salah satu panduan itu seperti cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul.

Cara mengatasi notifikasi WA tidak muncul ini bakal berguna ketika pengguna tidak mendapatkan pemberitahuan di layar, padahal terdapat pesan masuk atau panggilan masuk dari aplikasi WhatsApp.

Baca juga: Cara Membuat Notifikasi WhatsApp Suara Google Tanpa Aplikasi dengan Mudah

Dalam kondisi normal, ketika terdapat chat masuk, WhatsApp bakal memberikan notifikasi ke layar HP pengguna. Akan tetapi, terdapat kondisi lain yang membuat notifikasi WhatsApp tidak muncul di layar HP meski ada chat masuk.

Masalah notifikasi WhatsApp tidak muncul merupakan masalah yang umum terjadi. Meski umum terjadi, pengguna mungkin bakal kerepotan jika mengalami masalah ini. Pasalnya, pengguna jadi tidak bisa melihat notifikasi WhatsApp di layar.

Dengan demikian, pengguna akhirnya bisa terlambat merespons pesan-pesan yang penting. Lantaran masalah ini bakal cukup mengganggu, pengguna penting buat mengetahui cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul.

Lantas, bagaimana cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul.

Penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, ada baiknya pengguna memahami dulu penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul. Dengan mengetahui penyebabnya, pengguna bisa menentukan solusi yang akan dilakukan nanti.

Lantas, kenapa notifikasi WhatsApp tidak muncul di layar? Ada beberapa penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul. Secara umum, penyebab masalah ini bisa datang dari pengaturan aplikasi, koneksi internet, bug perangkat lunak, dan mode HP tertentu.

Dikutip dari laman resmi WhatsApp, penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul bisa timbul karena perangkat tidak tersambung dengan koneksi internet yang memadai. WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang mengandalkan internet dalam pengoperasiannya.

Saat koneksi internet terjadi gangguan, berkirim pesan atau melakukan panggilan di WhatsApp jadi juga ikut terganggu, sehingga notifikasi bisa terlambat muncul di layar ponsel atau bahkan tidak muncul.

Penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul bisa ditimbulkan pula karena terjadi gangguan pada sistem perangkat lunaknya. Versi perangkat lunak WhatsApp yang terlalu usang mungkin membawa gangguan yang menghambat pengoperasian fiturnya.

Kemudian, notifikasi WhatsApp yang tidak muncul bisa juga disebabkan karena terjadi kesalahan dalam mengatur notifikasi. Saat opsi notifikasi aplikasi dimatikan, otomatis ponsel tidak bakal menampilkan notifikasi dari berbagai aplikasi, termasuk WhatsApp.

Selain itu penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul juga bisa dikarenakan pengguna mengaktifkan mode Jangan Ganggu atau Do Not Disturb di HP. Saat mode ini aktif, semua pemberitahuan bakal tidak ditampilakn di layar alias disembunyikan.

Dengan begitu, pengguna tak akan bisa melihat notifikasi WhatsApp muncul di layar. Itulah sejumlah penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul. Dari penyebab-penyebab itu, berikut adalah cara mengatasi notifikasi WA tidak muncul.

Cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul

Cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul itu pada dasarnya cukup mudah. Ada banyak pilihan cara mengatasi notifikasi WA tidak muncul yang bisa dilakukan pengguna. Misalnya, pengguna bisa memeriksa dulu koneksi internet yang terhubung di HP.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat