cpu-data.info

Hati-hati, File Microsoft Word Bisa Terhapus Sendiri saat Disimpan

Fungsi menu Insert pada Microsoft Word.
Lihat Foto

- Sebuah bug aneh menginfeksi software pengolah dokumen Microsoft Word. Bug itu membuat dokumen yang hendak disimpan pengguna, malah dihapus. 

Bug adalah kesalahan rancangan pada software atau hardware yang mengakibatkan eror hingga membuka celah keamanan. Terkait bug aneh yang ada di Word, pihak Microsoft sendiri sudah memberikan konfirmasi.

Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates itu latas mewanti-wanti pengguna bahwa file dengan nama tertentu mungkin lenyap saat disimpan di penyimpanan lokal.

Menurut Microsoft pengguna perlu memerhatikan ekstensi file yang sudah disimpan. Bila file dari Microsfot Word itu memiliki ekstensi kapital ".DOCX" (bukan .docx) atau memakai simbol # dalam ekstensinya, maka Windows akan menghapus file tersebut, walaupun pengguna menekan tombol save atau simpan.

Baca juga: Daftar Shortcut Keyboard Microsoft Word Buat Pekerjaan Lebih Efisien

Agar lebih mudah melihat dan mengidentifikasi ekstensi file Word, pengguna perangkat berbasis Windows 11 dapat menampilkan detail ekstensi dengan mengaktifkan opsi "File name extension".

Opsi ini dapat ditemukan pada menu View di atas tampilan File Explorer, kemudian arahkan ke opsi Show > (centang) File name extension.

Untuk pengguna Windows 10, mereka dapat membuka menu Folder Options kemudian arahkan ke opsi Show dan hapus centang opsi yang menyembunyikan detail ekstensi (Hide extensions for known file types).

Menurut outlet media Neowin yang terdampak bug itu, gangguan ini tampaknya memengaruhi semua pengguna yang memakai software Office versi 2409. 

Bug aneh di Microsoft Word hapus file saat hendak disimpanNeowin Bug aneh di Microsoft Word hapus file saat hendak disimpan

Meski terhapus, pengguna masih dapat menjangkau file tadi melalui Recycle Bin. Adapun Microsoft menyarankan pengguna untuk menyinpan file secara manual, sebelum menutup Word sepenuhnya, demi meminmalisasi risiko kehilangan dokumen.

Perusahaan ini juga menyarankan pengguna untuk mengaktifkan opsi "Don't show the Backstage" ketika membuka atau menyimpan file melalui shortcut di keyboard.

Opsi bisa ditemukan ketika pengguna membuka dokumen Word, kemudian klik menu File > Options > Save > "Don't show the Backstage".

Baca juga: Kenapa Dokumen Microsoft Word Terkunci? Begini Cara Mengatasinya

Bagi pengguna Windows 10, mereka dapat mengubah ekstensi file Word yang terdiri dari huruf kapital menjadi huruf kecil sebagaimana semestinya.

Caranya dengan memilih file terkait > tekan F2 > ubah ekstensi jadi huruf kecil secara manual.

Hingga artikel ini ditulis, pihak Microsoft masih berupaya menangani bug itu. Sebagai alternatif, pengguna dapat memakai Microsoft Office versi online. Sebab, layanan ini tidak terdampak bug sejenis, dihimpun KompasTekno dari Neowin, Selasa (8/10/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat