cpu-data.info

Google Mulai Sebar Fitur AI "Ask Photos", Permudah Pengguna Cari Foto

Google umumkan fitur Ask Photos untuk Google Photos.
Lihat Foto

- Pada gelaran Google I/O Mei 2024 lalu, Google memperkenalkan satu fitur kecerdasan buatan (AI) terbaru di aplikasi Google Photos, yaitu Ask Photos. 

Fitur ini sederhananya memungkinkan pengguna untuk dapat mencari koleksi foto di aplikasi Google Photos mereka, dengan menggunakan bahasa sehari-hari (natural language) lewat kolom permintaan (prompt) yang tersedia di aplikasi.

Nantinya, AI yang mengandalkan Gemini ini akan mempelajari beberapa konteks yang ada dalam foto, seperti nama orang hingga tempat atau obyek utama, supaya foto yang bersangkutan bisa dicari pengguna dengan mudah lewat prompt.

Baca juga: Google Mulai Sebar Fitur Anti-Maling di HP Android

Nah, setelah diuji coba selama berbulan-bulan, fitur tersebut kini mulai disebar kepada sejumlah pengguna Google Photos, terutama mereka yang sudah mendaftar untuk menjajal fitur tersebut untuk pertama kalinya.

Menurut laporan 9to5Google yang sudah mendapatkan Ask Photos, fitur ini nantinya akan berupa tab baru berlabel "Ask" yang akan menggantikan tab "Search". Tab tersebut saat ini ada di bagian kanan bawah tampilan utama Google Photos. 

Pengguna sebenarnya masih bisa memakai fitur dari tab Search seperti sediakala. Namun, fitur tersebut bisa diakses setelah mengeklik tab Ask dan mengeklik tombol "Switch to classic search". 

Kembali lagi ke Ask Photos, fitur ini, seperti disebutkan di atas, bisa dipakai untuk mencari foto atau video di Google Photos dengan mudah melalui prompt.

Ini berguna bagi mereka yang ingin mencari suatu foto atau video di Google Photos, tetapi tak ingin repot menelusuri semua foto dari tahun ke tahun, apalagi jika foto atau video mereka banyak.

Ilustrasi cara pakai Ask Photos di Google Photos.9to5Google Ilustrasi cara pakai Ask Photos di Google Photos.

Ketika pertama kali memakai fitur ini, Google Photos akan meminta persetujuan pengguna terkait penyimpanan data, serta meminta pengguna memasukkan nama-nama wajah dari orang yang banyak muncul di koleksi Google Photos mereka.

Pengguna juga diminta untuk mengatur hubungan mereka dengan orang-orang tersebut.

Kemudian, pengguna bisa langsung mencari foto menggunakan prompt yang tersedia, tepatnya di kolom "Ask a question".

Salah satu contoh pemakaian Ask Photos adalah menanyakan kepada AI di mana kita pertama kali bertemu seseorang, seperti prompt "kapan aku terakhir kali bertemu dengan si X".

Nantinya, Google Photos akan menampilkan foto-foto kita bersama orang tersebut. Namun, di tahun atau waktu pertama kali foto dengan orang tersebut dibuat atau tersimpan di Google Photos. 

Selain itu, pengguna juga bisa mencari obyek yang ada di dalam foto mereka atau tempat mereka berlibur, misalnya melalui prompt "tunjukkan foto ketika saya berlibur di tempat X". Tak lama setelah itu, Google Photos akan menampilkan foto kita di tempat "X" tersebut.

Baca juga: Cara Bersih-bersih Google Photos biar Penyimpanan HP Tidak Penuh

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Google, Selasa (8/10/2024), fitur Ask Photos saat ini hanya digelontorkan dan disebar ke beberapa pengguna di wilayah Amerika Serikat (AS) saja. 

Belum ada informasi kapan fitur ini akan menyambangi wilayah-wilayah lainnya. Pantauan KompasTekno pada Selasa (8/10/2024) pagi, fitur Ask Photos belum ada di Google Photos kami, dan tab Ask di atas masih tetap dilabeli dengan Search.

Ada kemungkinan fitur terbaru Google yang mengandalkan AI Gemini ini akan disebar ke semua pengguna Google Photos dalam beberapa waktu ke depan, sama seperti berbagai fitur baru Google lainnya. Kita tunggu saja. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat