cpu-data.info

Samsung Galaxy A16 5G Meluncur, Jaminan "Update" hingga Android 20

Ilustrasi Samsung Galaxy A16 5G.
Lihat Foto

- Samsung resmi meluncurkan smartphone terbarunya, Galaxy A16 5G di pasar Eropa pekan ini. Sesuai namanya, ponsel ini merupakan suksesor Galaxy A15 5G yang diperkenalkan akhir tahun lalu. 

Dibanding pendahulunya, Samsung A16 5G kini memiliki dukungan pembaruan (update) sistem operasi (OS) Android yang lebih lama, yakni hingga enam generasi. Ini meningkat dari Samsung A15 5G yang "hanya" mendapat jaminan update OS empat generasi saja.

Saat ini, perangkat teranyar Samsung dari Galaxy A-Series tersebut masih menjalankan Android 14. Artinya, pengguna Samsung Galaxy A16 5G dipastikan akan tetap mendapatkan dukungan hingga Android 20. 

Selain dukungan OS selama enam generasi, Samsung A16 5G juga mendapat jaminan pembaruan keamanan hingga enam tahun ke depan. Ini juga lebih lama dibanding Samsung A15 5G yang mendapat dukungan keamanan lima tahun.

Baca juga: 10 HP Terlaris 6 Bulan Pertama 2024: Apple-Samsung Dominan, Xiaomi Nyempil

Untuk tampilan antarmuka (UI) sendiri, OS Android 14 di ponsel ini dikombinasikan dengan UI khas Samsung, yaitu OneUI 6.1.

Menyoal tampilan, Samsung Galaxy A16 5G mengadopsi layar Super AMOLED 6,7 inci dengan resolusi Full HD Plus dan refresh rate 90 Hz. Di bagian tengah atas layar, terdapat modul "Infinity-U" yang memuat kamera selfie 13 MP. 

Beralih ke bagian belakang, desain kamera ponsel ini mengukuti ponsel-ponsel lainnya di Galaxy A-Series. Ada tiga kamera yang menghiasi bagian punggung perangkat ini, terdiri dari kamera utama 50 MP, ultrawide 5 MP, dan macro 2 MP. 

Pada aspek performa, Samsung A16 5G ditenagai dengan chipset Exynos 1330, yang dikombinasikan dengan RAM 4 GB dan media penyimpanan (storage) 128 GB. Jika storage kurang, pengguna bisa memakai kartu microSD hingga 1,5 TB. 

Untuk aspek baterai, Samsung A16 5G ditopang dengan baterai berkapasitas jumbo 5.000 mAh dengan dukungan pengisian cepat 25 watt.

Baca juga: Samsung Galaxy A15 4G Jadi HP Android Terlaris di Dunia

Fitur pendukung lainnya yang ada di ponsel ini mencakup pemindai sidik jari yang ada di tombol power, tingkat ketahanan terhadap air dan debu dengan rating IP54, dan masih banyak lagi. 

Di pasar Eropa, Samsung Galaxy A16 5G tersedia dalam varian warna Midnight Blue, Turquoise, dan Gray. Ponsel ini dijual di sana dengan harga 249 euro atau setara Rp 4,3 juta, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Selasa (8/10/2024). 

Belum ada informasi apakah ponsel ini akan dijual di pasar Indonesia atau tidak. Kita tunggu saja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat