cpu-data.info

Cara Menggunakan Satu Nomor WhatsApp di Dua HP Sekaligus, Mudah dan Praktis

Cara menggunakan 1 nomor WA di 2 HP.
Lihat Foto

- Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dalam mengelola akun WhatsApp atau biasa disingkat WA. Salah satu panduan itu seperti cara menggunakan 1 nomor WA di 2 HP yang berbeda secara bersamaan.

Cara memakai 1 nomor WA di 2 HP ini bakal memudahkan pengguna untuk tetapi bisa mengakses WhatsApp dengan nomor yang sama, meski menggunakan dua HP yang berbeda. Lantas, apakah WA bisa di 2 HP dengan nomor yang sama?

Baca juga: Cara Mengatasi Akun Tidak Diizinkan Menggunakan WhatsApp, Jangan Panik

Dulu, satu nomor WhatsApp tidak memungkinkan buat diakses di dua HP. Kini, WhatsApp memungkinkan pengguna buat mengakses satu akun yang sama di dua HP berbeda. Jadi, pengguna tak perlu repot memakai akun baru di HP lain.

Pengguna bisa langsung mengakses satu nomor WhatsApp di dua HP yang berbeda secara bersamaan. Lantaran bakal memudahkan, pengguna perlu mengetahui cara menggunakan 1 nomor WA di 2 HP sekaligus.

Lantas, bagaimana cara menautkan WhatsApp ke HP lain dengan satu nomor yang sama? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara memakai 1 nomor WA di 2 HP yang berbeda.

Cara menggunakan 1 nomor WA di 2 HP

Cara menggunakan 1 nomor WhatsApp di 2 HP itu pada dasarnya cukup mudah. Dalam cara menautkan WA ke HP lain ini, pengguna dapat memanfaatkan fitur Companion Mode yang terdapat di WhatsApp.

Fitur ini pengoperasiannya mirip dengan menautkan akun WhatsApp ke WhatsApp Web atau aplikasi WhatsApp Desktop. Akan tetapi, perbedaannya adalah Companion Mode dapat menautkan akun WA dari HP utama ke HP sekunder.

Baca juga: Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru dengan Nomor yang Tidak Aktif, Mudah

Saat tertaut, pengguna bisa mengakses satu nomor WA di HP utama dan HP sekunder itu secara bersamaan. Adapun penjelasan yang lebih detail mengenai cara menggunakan 1 nomor WA di 2 HP dengan Companion Mode adalah sebagai berikut:

  • Siapkan aplikasi WhatsApp di HP sekunder yang jadi target untuk menautkan akun WA dari HP utama.
  • Buka aplikasi WhatsApp di HP sekunder yang masih belum terdaftar akun sama sekali atau berada dalam halaman login awal.
  • Pada halaman login awal di aplikasi WhatsApp HP sekunder, silakan klik opsi “Tautkan Perangkat Ini”.
  • Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga aplikasi WhatsApp di HP sekunder menampilkan kode QR untuk menautkan akun.
    Ilustrasi cara menggunakan 1 nomor WA di 2 HP./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menggunakan 1 nomor WA di 2 HP.
  • Setelah tersedia, silakan pindai kode QR tersebut dengan aplikasi WhatsApp di HP utama.
  • Pada aplikasi WhatsApp di HP utama yang sudah terdaftar akun, silakan buka menu “Pengaturan” dan klik opsi “Perangkat Tertaut”.
  • Kemudian, klik opsi “Tautkan Perangkat” dan kamera pemindaian bakal terbuka.
  • Arahkan kamera itu ke kode QR yang terdapat pada aplikasi WhatsApp di HP sekunder.
  • Jika pemindaian berhasil, akun WA dan isinya bakal masuk dan tersinkronisasi di HP sekunder.

Ilustrasi cara menggunakan 1 nomor WA di 2 HP./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menggunakan 1 nomor WA di 2 HP.

Cukup mudah bukan cara memakai 1 nomor WA di 2 HP yang berbeda secara bersamaan? Melalui cara di atas, pengguna bakal lebih mudah saat ingin mengakses satu akun WhatsApp di dua HP yang berbeda.

Pengguna bisa memanfaatkan penautan 1 nomor WA di 2 HP untuk mempermudah mengakses akun. Misalnya, jika tengah lupa membawa HP utama, pengguna masih tetap bisa mengakses akun WhatsApp di HP sekunder.

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Ganti Nomor WhatsApp? Begini Efek, Fungsi, dan Caranya

Jika tak ingin lagi menggunakan WhatsApp di HP sekunder, pengguna bisa menghapus penautannya. Pengguna dapat mengeluarkan akun WA yang tertaut di HP sekunder kapan pun di opsi “Perangkat Tertaut” pada aplikasi WhatsApp HP utama.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara menggunakan 1 nomor WA di 2 HP sekaligus dengan mudah dan praktis, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link #. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat