cpu-data.info

Apa yang Terjadi Jika Ganti Nomor WhatsApp? Begini Efek, Fungsi, dan Caranya

Efek ganti nomor di WhatsApp.
Lihat Foto

- WhatsApp atau biasa disingkat WA, punya beberapa fitur yang memudahkan pengguna buat mengelola akun. Salah satunya yang mungkin jarang diketahui adalah fitur buat mengganti nomor telepon yang jadi akun WhatsApp.

Pengguna bisa menjumpai fitur tersebut di menu pengaturan akun pada aplikasi WhatsApp. Fitur ganti nomor WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengganti nomor telepon akun WhatsApp yang lama ke yang baru.

Baca juga: Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru Tanpa Verifikasi karena Nomor Tidak Aktif, Mudah

Fitur ini bakal memudahkan pengguna mengelola akun WhatsApp karena pengguna jadi tak perlu bikin akun baru ketika hendak ganti nomor. Lantas, apa yang terjadi jika kita ganti nomor WA? Jika penasaran dengan fitur ini, berikut adalah efek ganti nomor di WhatsApp.

Efek ganti nomor di WhatsApp

Efek ganti nomor di WhatsApp adalah hanya akan mengganti nomor telepon yang dipakai sebagai akun WhatsApp. Saat menggunakan fitur ganti nomor, semua informasi dan data akun WhatsApp di nomor lama milik pengguna tetap bakal tersedia.

Dikutip dari laman resmi WhatsApp, secara umum, terdapat dua efek ganti nomor di WhatsApp. Pertama, semua data WhatsApp, termasuk informasi akun, chat pribadi, grup dan pengaturan akun, dari nomor telepon lama akan berpindah ke nomor telepon baru.

Kemudian, efek ganti nomor di WhatsApp yang kedua adalah akun dengan nomor telepon lama bakal dihapus. Nomor telepon lama yang telah diganti tidak akan terdaftar sebagai akun WhatsApp lagi.

Dengan demikian, kontak atau teman tidak akan bisa menemukan lagi akun WhatsApp dengan nomor telepon lama milik pengguna pada daftar kontak WhatsApp mereka. Kemudian, saat nomor telah diganti, pengguna bisa memberitahu pengguna lain.

Jadi, pengguna lain bakal menerima notifikasi ketika pengguna mengganti nomor telepon di WhatsApp. Saat pengguna mengganti nomor telepon, tiap grup yang diikuti bakal secara otomatis diberitahu.

Itulah beberapa efek ganti nomor di WhatsApp. Dengan fitur ini, pengguna bisa ganti nomor WhatsApp tanpa harus khawatir kehilangan informasi akun dan data di dalamnya. Lantas, sebenarnya apa fungsi ganti nomor WhatsApp?

Fungsi ganti nomor WhatsApp

Fungsi ganti nomor WhatsApp secara praktis berguna ketika pengguna hendak mengganti nomor telepon yang jadi akun WhatsApp dengan nomor yang baru karena nomor telepon lama sudah tidak aktif atau masa aktifnya habis.

Nomor akun WhatsApp perlu aktif supaya bisa menerima kode verifikasi untuk login. Jika tidak aktif, pengguna bakal kesulitan untuk menerima kode verifikasi buat login WhatsApp. Oleh karena itu, nomor perlu diganti dengan yang baru dan masih aktif.

Baca juga: 4 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di WhatsApp dengan Mudah dan Cepat

Dengan fitur ganti nomor WhatsApp, pergantian nomor jadi lebih mudah. Pengguna tak perlu registrasi ulang atau daftar akun baru dari awal untuk mengganti nomor telepon lamanya yang sudah tidak aktif dengan nomor yang baru.

Pengguna cukup melakukan pergantian nomor di menu pengaturan WhatsApp. Dengan begitu, semua data WhatsApp bakal tetap tersedia dan nomor telepon yang lama berhasil diganti baru.

Jika saat ini punya akun WhatsApp dengan nomor telepon yang tidak aktif, pengguna bisa mulai menggantinya dengan yang baru agar dapat menerima kode verifikasi. Lantas, bagaimana cara mengganti nomor WhatsApp?

Cara ganti nomor WhatsApp

Cara ganti nomor WhatsApp itu pada dasarnya sangat mudah. Pengguna bisa melakukan pergantian atau peralihan nomor melalui menu pengaturan akun yang terdapat di WhatsApp dengan nomor telepon lama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat