cpu-data.info

Pengguna iPhone 16 Pro Keluhkan Layar Tidak Responsif

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Maxresmi. Harga iPhone 16 Pro dijual mulai 999 dollar AS (sekitar Rp 15,4 juta), sedangkan iPhone 16 Pro Max dijual mulai 1.199 dollar AS (sekitar Rp 18,5 juta).
Lihat Foto

- iPhone 16 series resmi rilis pada Senin (9/9/2024) dalam empat model meliputi iPhone 16 "reguler", iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max.

Smartphone baru andalah Apple ini juga sudah dapat dibeli konsumen di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya sejak Jumat (20/9/2024).

Belum lama sampai di tangan konsumen, sejumlah keluhan muncul, terutama dari pengguna iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max. Mereka dilaporkan mengeluhkan layar ponsel yang bermasalah.

Menurut laporan sejumlah pengguna di berbagai saluran termasuk forum diskusi Apple, layar iPhone 16 Pro tidak responsif saat disentuh, baik saat mengetuk (tap) layar, mengetik, atau mengusapnya (swipe).

Masalah itu terjadi bahkan meskipun pengguna tidak memasang kaca pelindung layar atau semacamnya.

Baca juga: Perusahaan Ini Bagi-bagi iPhone 16 Pro Gratis ke Karyawan dan Anak Magang

Gejala gangguan layar iPhone 16 Pro ini tampaknya bervariasi. Sebab, sejumlah pengguna melaporkan kendala yang berbeda-beda. Mulai dari beberapa huruf yang tidak dapat difungsikan di keyboard virtual, hingga anomali tombol pemutar media. 

Oleh karena itu, outlet media 9to5Mac yang juga melakukan pengujian internal, menyimpulkan bahwa masalah layar iPhone 16 Pro disebabkan oleh bug software, bukan dari hardware

Apalagi sistem operasi iOS memiliki algoritma yang akan mencegah sentuhan tidak wajar. Algoritma inilah yang ditaksir terlalu sensitif, sehingga dinilai berperan dalam masalah ini.

Ada kemungkinan pengguna memicu sistem yang menolak sentuhan layar, dengan tidak sengaja melakukan kontak pada area layar yang lain.

Berdasarkan beberapa laporan pengguna, gangguan layar muncul saat jari mereka berada di sekitar tombol Camera Control yang posisinya di sisi kanan layar.

Namun, sitem ponsel malah menolak sentuhan di semua tepi dan area layar sementara. Oleh karena itu terkadang layar tidak responsif baik saat di tap maupun swipe.

Kemungkinan lainnya yaitu karena bezel layar iPhone 16 Pro yang kian tipis dibanding iPhone 15 Pro. Walhasil, tepi layarnya lebih rentan terkena sentuhan yang tidak disengaja, apalagi bila pengguna memakai iPhone 16 Pro tanpa casing.

Baca juga: iPhone 16 Enggak Selaku iPhone 15?

Perlu dicatat bahwa masalah ini terjadi pada iPhone 16 Pro yang menjalankan iOS 18 dan iOS 18.1 beta, utamanya saat layar ponsel tidak dikunci. Adapun saat terkunci, layarnya terbilang responsif. Hal ini juga menjadi indikasi bahwa masalah ini terkait dengan software, bukan hardware.

Bila memang disebabkan oleh bug di software, Apple mungkin segera merilis pembaruan untuk mengatasinya. Namun hingga artikel ini ditulis, belum ada tanggapan maupun solusi dari Apple untuk masalah ini.

"Penyakit" iPhone baru

Masalah yang ditemukan saat awal penggunaan iPhone generasi baru seolah menjadi fenomena yang lumrah terjadi karena sistem yang menyertainya belum stabil.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat