cpu-data.info

Angga Raka Prabowo dan Nezar Patria Ditunjuk Jadi Wamen Komunikasi dan Digital Kabinet Merah-Putih

Presiden Prabowo Subianto menunjuk dua Wakil Menteri Komunikasi dan Digital untuk Kabinet Merah-Putih periode 2024-2029, yakni Nezar Patria (kiri) dan Angga Raka Prabowo (kanan). Pengumuman disampaikan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).
Lihat Foto

- Presiden Prabowo Subianto menunjuk Angga Raka Prabowo dan Nezar Patria sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Digital di Kabinet Merah-Putih periode 2024–2029, Minggu (20/10/2024) malam, di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Presiden Prabowo Subianto setelah mengumumkan jajaran menteri di kabinetnya.

"Angga Raka Prabowo, Wakil Menteri Komunikasi dan Digital. Nezar Patria, Wakil Menteri Komunikasi dan Digital“ ungkap Prabowo Subianto secara berurutan.

Keduanya masuk ke barisan wakil menteri Kabinet Merah-Putih setelah namanya disebut. Seperti menteri dan wakil menteri lain, Angga Raka Prabowo dan Nezar Patria juga mengenakan batik berwarna cokelat, yang menjadi dresscode acara.

Keduanya akan membantu tugas Meutya Hafid yang juga diumumkan sebagai Menteri Komunikasi dan Digital.

Baca juga: Meutya Hafid Ditunjuk sebagai Menteri Komunikasi dan Digital Kabinet Merah-Putih

Kementerian Komunikasi dan Digital merupakan penamaan baru, di mana sebelumnya, lembaga ini bernama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Nezar dan Angga bukan nama baru di lembaga tersebut. Sebelumnya, Nezar sudah menjabat sebagai Wakil Menteri Kominfo (Wamenkominfo) sejak pertengahan Juli 2023, sedangkan Angga menyusul menjabat mulai Agustus 2024.

Pelantikan  menteri dan wakil menteri akan dilakukan secara resmi besok, Senin (21/10/2024) di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Profil Nezar Patria

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar PatriaBiro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria

Sebelum memangku jabatan di pemerintahan, Nezar Patria pernah berkarir di dunia jurnalistik. Karir pertamanya dimulai saat bergabung dengan Majalah D&R (Detektif & Romantika) pada tahun 1999 hingga 2000.

Setelah itu, Nezar bergabung dengan majalah Tempo hingga tahun 2008, lalu menjadi salah satu sosok yang ikut mendirikan portal Viva.co.id.

Di portal berita ini, ia menjabat sebagai Redaktur Pelaksana hingga 2014. Setelah itu, ia bekerja di CNN Indonesia Digital menjadi Wakil Pemimpin Redaksi selama setahun hingga September 2015.

Di tahun yang sama, Nezar lalu pindah dan menjabat sebagai Pemimpin Redaksi di The Jakarta Post. Posisi ini ia jabat hingga 2020, sebagaimana tertulis di profil LinkedIn-nya.

Karena cukup aktif di dunia jurnalistik, Nezar Patria sempat menjabat sebagai Ketua Umum Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) pada 2008-2011, serta menjabat sebagai anggota Dewan Pers periode 2013 - 2019.

Di luar dunia jurnalistik, Nezar Patria juga sempat menduduki beberapa jabatan lainnya. Beberapa di antaranya seperti Direktur Konten PT Niskala Media Tenggara (2015-2020), Direktur Kelembagaan PT Pos Indonesia (2020-2022), serta Komisaris Utama PT Dapensi Trio Usaha (2021-2022).  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat