cpu-data.info

Kominfo Berubah Nama Jadi Kementerian Komunikasi dan Digital

Ilustrasi kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika
Lihat Foto

- Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto mengumumkan jajaran menteri dan wakil menteri Kabinet Merah-Putih pada Minggu (20/10/2024) malam. Pengumuman ini disampaikan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Selain pengumuman jajaran menteri baru, beberapa kementerian juga diketahui mengalami perubahan nama. 

Salah satunya adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang berubah menjadi Kementerian Komunikasi dan Digital. 

Perubahan nama ini diketahui saat Presiden Prabowo memanggil nama Meutya Hafid sebagai Menteri Komunikasi dan Digital. 

Baca juga: Profil Meutya Hafid, Mantan Jurnalis yang Jadi Menteri Komunikasi dan Digital

"Meutya Hafid, Menteri Komunikasi dan Digital," kata Presiden Prabowo, diikuti Meutya yang masuk ke barisan menteri Kabinet Merah-Putih mengenakan busana batik berwarna cokelat, sebagaimana menteri lain.

Dalam wawancara setelah pengumuman jajaran menteri, Meutya mengatakan, perubahan nama Kementerian Kominfo dengan penambahan kata "digital" ini untuk menjawab perkembangan teknologi dan zaman. 

"Artinya komunikasi memang ke depan juga tentu berbasis digital. Tapi juga kita tahu kemarin salah satu PR kita juga adalah bagaimana mengamankan data-data kita," kata Meutya, dikutip dari Kompas TV.

"Itu juga terkait dengan digital dan pemerintahan yang efisien dan efektif itu juga bisa dilakukan dengan penerapan digital," pungkas Meutya. 

Ini bukan pertama kalinya Kementerian Kominfo berganti nama. Dirangkum dari Kominfo.go.id, nama Kementerian Negara Komunikasi dan Informasi pertama kali digunakan pada 2001, berubah dari sebelumnya Departemen Penerangan. 

Kemudian pada 2005 kembali terjadi perubahan nama menjadi Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo). Kemudian pada 2009 berganti nama menjadi Kementerian Komunikasi dan Informatika hingga 2024 ini. 

Satu menteri dan dua wakil menteri

Dalam memimpin Kementerian Komunikasi dan Digital di kabinet Merah-Putih ini Meutya akan didampingi dua wakil menteri yakni Nezar Patria dan Angga Raka Prabowo. 

Baca juga: Angga Raka Prabowo dan Nezar Patria Ditunjuk Jadi Wamen Komunikasi dan Digital Kabinet Merah-Putih

Nezar dan Angga bukan nama baru di lembaga tersebut. Sebelumnya, Nezar sudah menjabat sebagai Wakil Menteri Kominfo (Wamenkominfo) sejak pertengahan Juli 2023, sedangkan Angga menyusul menjabat mulai Agustus 2024.

Pelantikan  menteri dan wakil menteri akan dilakukan secara resmi besok, Senin (21/10/2024) di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat