cpu-data.info

Cara Login WhatsApp dengan Nomor yang Hilang Tanpa Aplikasi, Jangan Panik

Cara login WhatsApp dengan nomor yang sudah tidak aktif.
Lihat Foto

- Ada beberapa panduan untuk login akun di aplikasi WhatsApp atau biasa disingkat WA yang dapat membantu pengguna dalam situasi tertentu. Salah satu panduan itu seperti cara login WhatsApp dengan nomor yang hilang.

Cara login WhatsApp dengan nomor yang sudah hilang ini bakal membantu pengguna untuk tetap bisa mengakses akun, meski nomor teleponnya hilang. Sebagaimana yang cukup umum diketahui, akun WhatsApp dibuat dari nomor HP.

Baca juga: Cara Login WhatsApp di 2 HP dengan Nomor yang Sama, Mudah

Jika hendak login, pengguna perlu memasukkan nomor HP yang terdapat sebagai akun WhatsApp. Kemudian, WhatsApp bakal mengirim kode verifikasi buat login ke nomor HP itu. Dalam proses login seperti ini, nomor perlu terpasang di HP dan dalam kondisi aktif.

Akan tetapi, nomor HP yang dipakai jadi akun WhatsApp bisa saja hilang atau terjatuh. Jika nomor HP hilang, pengguna mungkin bakal panik karena jadi sulit buat login WhatsApp. Namun, pengguna sebetulnya tak perlu panik.

Pasalnya, terdapat cara login WhatsApp dengan nomor yang sudah hilang, yang masih bisa dilakukan pengguna. Oleh karena itu, pengguna perlu untuk mengetahui cara login WhatsApp dengan nomor yang hilang.

Lantas, bagaimana cara login WA dengan nomor yang hilang? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara login WhatsApp dengan nomor yang hilang.

Cara login WhatsApp dengan nomor yang hilang

Cara login WhatsApp dengan nomor yang hilang itu pada dasarnya cukup mudah. Dalam cara login WhatsApp dengan nomor yang hilang, pengguna tak perlu repot-repot memakai aplikasi tambahan seperti pembuat nomor palsu yang belum tentu aman.

Cara login WhatsApp dengan nomor yang hilang bisa dilakukan tanpa aplikasi menggunakan langkah-langkah resmi dan aman yang tersedia di WhatsApp. Namun, untuk menjalankan cara ini, terdapat dua kondisi nomor hilang yang perlu dipahami pengguna.

Kondisi pertama adalah nomor hilang, tetapi akun WhatsApp masih dalam kondisi aktif, masih digunakan, atau masih login. Kemudian, kondisi kedua adalah nomor hilang, tetapi akun WhatsApp telah dikeluarkan.

Baca juga: Cara Login WhatsApp Web dengan Nomor HP, Mudah dan Praktis

Dua kondisi itu punya penanganan yang berbeda dalam cara login WhatsApp dengan nomor yang hilang. Jadi, ada beberapa cara login WhatsApp dengan nomor yang hilang sesuai dengan kondisi tersebut.

Adapun penjelasan yang lebih detail mengenai beberapa cara login WhatsApp dengan nomor yang hilang adalah sebagai berikut:

1. Ganti nomor WhatsApp

Cara login WhatsApp dengan nomor yang sudah hilang, yang pertama adalah pengguna bisa mengganti nomor WhatsApp yang terdaftar sebagai akun. WhatsApp memiliki fitur buat ganti nomor yang terdaftar sebagai akun.

Nomor yang hilang bisa diganti dengan nomor baru tanpa mengubah atau menghapus data akun WhatsApp. Dengan nomor yang telah diganti, pengguna nanti bisa memakainya buat login WhatsApp lagi. Adapun cara mengganti nomor WhatsApp adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Setelah itu, pilih menu “Settings” atau “Setelan”.
  • Kemudian, pilih menu pengaturan “Account”.
  • Klik opsi “Change number” atau “Ganti Nomor dan tekan “Lanjut”.
    Ilustrasi cara mengganti nomor WhatsApp./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengganti nomor WhatsApp.
  • Masukkan nomor telepon lama yang telah hilang dan nomor telepon baru, lalu tekan “Lanjut”.
  • Berikutnya, pengguna bisa mengaktifkan opsi “Beri tahu kontak” untuk memberi notifikasi ke kontak saat nomor telepon berganti.
  • Pengguna bisa memilih memberi tahu semua kontak, kontak yang ada di daftar chat, atau kontak tertentu. Semua grup yang diikuti akan otomatis diberi tahu.
  • Setelah mengatur pemberitahuan pergantian nomor, klik opsi “Selesai”.
  • Masukkan kode verifikasi atau kode OTP yang dikirim WhatsApp ke nomor telepon baru dan nomor akan berhasil diganti tanpa mengubah atau menghapus data. Semua data chat, grup, dan media, bakal tetap tersedia setelah nomor diganti.
  • Jika nomor telah diganti, pengguna bisa memakainya buat login WhatsApp di perangkat lain atau perangkat baru dengan data yang masih tetap sama (jika sudah dicadangkan).

Ilustrasi cara mengganti nomor WhatsApp./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengganti nomor WhatsApp.

Penting diketahui, cara ini hanya bisa dilakukan dalam kondisi nomor hilang, tetapi akun WhatsApp masih aktif atau dipakai login. Pasalnya, cara ini membutuhkan pengguna untuk mengakses pengaturan di akun WhatsApp.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat