cpu-data.info

Lenovo Rilis Chromebook Duet dan Duet Edu G2 di Indonesia, Dukung Stylus untuk Corat-coret

Lenovo Chromebook Duet dan Lenovo Chromebook Duet EDU G2 masuk Indonesia.
Lihat Foto

- Lenovo merilis dua perangkat Chromebook terbarunya, yakni Lenovo Chromebook Duet dan Lenovo Chromebook Duet EDU G2 di Indonesia, pekan ini.

Kedua Chromebook ini merupakan perangkat portabel yang mendukung banyak aktivitas pengguna.

"Lenovo Chromebook Duet dan Lenovo Chromebook Duet EDU G2 yang didukung oleh prosesor MediaTek Kompanio 838 dengan NPU bertenaga AI adalah teman serbaguna untuk bekerja, bermain, belajar, dan segala aktivitas lainnya," kata Benny Zhang, Direktur Eksekutif dan General Manager Chromebooks di Lenovo's Intelligent Devices Group.

Selain prosesor, Lenovo Chromebook Duet dan Lenovo Chromebook Duet EDU G2 juga membawa spesifikasi layar, memori, baterai, kamera, port, hingga konektivitas yang sama persis.

Dengan kata lain, dua Chromebook ini sejatinya adalah perangkat yang sama. Perbedaannya, model Lenovo Chromebook Duet EDU G2 dilengkapi Chrome Education Upgrade dan casing yang lebih tangguh.

Baca juga: Google Perkenalkan Chromebook Plus, Standar Baru Laptop Kelas Atas

Spesifikasi Chromebook Duet dan Chromebook Duet EDU G2

Untuk layar, Lenovo Chromebook Duet dan Lenovo Chromebook Duet EDU G2 dibekali panel berukuran 10,95 inci (dibulatkan 11 inci) dengan resolusi WUXGA (1.920 x 1.200 piksel), rasio aspek 16:10, tingkat kecerahan puncak 400 nits, dan dilapisi kaca pelindung Corning Gorilla Glass 3.

Layar perangkat dibekali kamera depan 5 MP dengan penutup fisik untuk privasi. Kamera belakangnya beresolusi 8 MP.

Sebagai perangkat Chromebook, keduanya menjalankan sistem operasi ChromeOS. Prosesor MediaTek Kompanio 838 di dua perangkat Chromebook ini dipadukan dengan RAM LPDDR4X 4/8 GB dengan storage eMMC 64/128 GB.

Duo Chromebook ini juga sudah mendukung pena digital (stylus) Lenovo USI Pen 2. Dengan stylus ini, pengguna bisa menggambar, mencatat, dan menandatangani dokumen seperti menggunakan pena asli.Lenovo Duo Chromebook ini juga sudah mendukung pena digital (stylus) Lenovo USI Pen 2. Dengan stylus ini, pengguna bisa menggambar, mencatat, dan menandatangani dokumen seperti menggunakan pena asli.
Lenovo tidak merinci kapasitas baterai Chromebook Duet dan Chromebook Duet EDU G2. Lenovo hanya menyebutkan bahwa baterai keduanya bisa bertahan hingga 12 jam.

Untuk port, Lenovo Chromebook Duet dan Lenovo Chromebook Duet EDU G2 dilengkapi 2x USB-C 3.2 Gen1 dan satu audio jack 3.5mm. Fitur lainnya meliputi Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.3.

Selain itu, Chromebook ini bersertifikat MIL-STD 810H yang diklaim tahan terhadap guncangan dan percikan air.

Duo Chromebook ini juga sudah mendukung pena digital (stylus) Lenovo USI Pen 2. Dengan stylus ini, pengguna bisa menggambar, mencatat, dan menandatangani dokumen seperti menggunakan pena asli.

Baca juga: Laptop Chromebook Kini Dapat Update hingga 10 Tahun

Khusus Lenovo Chromebook Duet EDU G2, perangkat ini dilindungi oleh casing TPU (Thermoplastic Polyurethane) yang dilengkapi dengan keyboard, memiliki port yang diperkuat, dan mampu bertahan dari tumpahan tidak sengaja hingga 360 ml.

Casing ini juga diklaim cukup kuat untuk menahan benturan saat perangkat tidak sengaja terjatuh.

Untuk para guru, Lenovo Chromebook Duet EDU G2 dilengkapi dengan Chrome Education Upgrade, yang memungkinkan sekolah dan administrasi TI untuk mengelola ratusan Chromebook dalam waktu yang singkat.

Dengan fitur ini, pengguna dapat menyebarkan perangkat baru, menyesuaikan fitur, dan mengkonfigurasi pengaturan keamanan dari satu konsol berbasis cloud.

Lenovo belum mengungkap harga untuk kedua perangkat ini. Namun, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (16/10/2024), unit Lenovo Chromebook Duet dan Lenovo Chromebook Duet EDU G2 akan tersedia di Indonesia dan dapat dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan pengguna, dengan harga yang disesuaikan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat