cpu-data.info

YouTube Rilis 6 Fitur Baru, Ada Sleep Timer hingga Bikin Playlist Bareng Bestie

Ilustrasi YouTube
Lihat Foto

- Platform streaming video milik Google, YouTube meluncurkan deretan fitur baru untuk meningkatkan pengalaman menonton pengguna. Setidaknya ada enam fitur baru yang bakal bisa dinikmati pengguna YouTube desktop maupun seluler dalam beberapa waktu ke depan.

Fitur baru yang dirilis meliputi pemutar mini (miniplayer) yang lebih fleksibel, kecepatan pemutaran baru, pengatur waktu tidur (sleep timer), hingga bikin sampul playlist pakai AI.

Mari kita bahas secara singkat fitur-fitur baru YouTube.

1. Miniplayer lebih fleksibel

YouTube kini memperbarui kemampuan miniplayer dengan menambahkan fleksibilitas. Miniplayer kini bisa dipindah ke sisi manapun di layar ponsel. Selain itu, pengguna juga bisa mengatur ukuran miniplayer sesuai keinginan.
YouTube YouTube kini memperbarui kemampuan miniplayer dengan menambahkan fleksibilitas. Miniplayer kini bisa dipindah ke sisi manapun di layar ponsel. Selain itu, pengguna juga bisa mengatur ukuran miniplayer sesuai keinginan.
Fitur miniplayer memungkinkan pengguna menonton YouTube dalam layar kecil, sambil melanjutkan browsing di Google, membalas pesan di WhatsApp, atau melakukan hal lainnya.

Lyar kecil ini akan muncul di pojok kanan bawah layar ponsel, ketika pengguna menutup aplikasi YouTube.

Nah, YouTube kini memperbarui kemampuan miniplayer dengan menambahkan fleksibilitas. Miniplayer kini bisa dipindah ke sisi manapun di layar ponsel. Selain itu, pengguna juga bisa mengatur ukuran miniplayer sesuai keinginan.

YouTube juga merombak penempatan ikon. Kini, ikon "X" (tutup layar) berada di pojok kiri atas video dan ikon "Putar/Jeda", "Putar Ulang", dan "Putar Maju" dipindahkan ke bilah hitam di bawah video.

Baca juga: Video di YouTube Shorts Kini Bisa sampai 3 Menit, Mirip TikTok

2. Playback speed 0.05x

YouTube kini menambah opsi kecepatan pemutaran alias playback speed dengan opsi 0,05x (paling lambat dari yang sudah ada).

Sebelumnya, pengguna dapat mengatur kecepatan pemutaran dengan menekan ikon roda gigi pengaturan dan memilih kecepatan 0,25x, 0,5x, 0,75x, 1x, 1,25x, 1,5x, 1,75x, dan 2x.

3. Sleep timer

YouTube merilis fitur baru pengatur waktu tidur alias sleep timer di aplikasi seluler. Dengan fitur ini, pengguna bisa menjeda video secara otomatis dalam rentang waktu yang sudah dipilih.
YouTube YouTube merilis fitur baru pengatur waktu tidur alias sleep timer di aplikasi seluler. Dengan fitur ini, pengguna bisa menjeda video secara otomatis dalam rentang waktu yang sudah dipilih.
YouTube juga menambahkan fitur pengatur waktu tidur alias sleep timer di aplikasi seluler. Dengan fitur ini, pengguna bisa menjeda video secara otomatis dalam rentang waktu yang dipilih. YouTube menyediakan opsi 10, 15, 20, 30, 45 menit, 1 jam, dan akhir video.

Untuk menggunakan fitur ini, klik ikon roda gigi pengaturan di sudut kanan atas video dan pilih opsi Sleep timer di bawah "Pengaturan tambahan".

4. Bikin playlist bareng bestie

YouTube juga menghadirkan fitur baru bernama collaborative playlist alias daftar putar kolaboratif. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat playlist bareng bestie-nya.

Caranya, pengguna mengirimkan undangan kolaborasi lewat tautan khusus. Nanti, teman pengguna bisa menambahkan video ke daftar kolaboratif tersebut. Pengguna dapat menghapus kontributor sesuka hati.

Baca juga: YouTube Kini Punya Tombol Hype untuk Dongkrak Popularitas Kreator Pemula

5. Sampul playlist dengan AI

Pengguna kini juga bisa membuat sampul playlist dengan bantuan AI. Caranya, pengguna klik ikon pensil di sampul. Lalu, klik "Buat dengan AI," pilih tema, dan pilih dari kreasi yang didukung AI.

Pengguna juga bisa menggunakan gambar dari ponsel untuk sampul, lalu mempersonalisasinya dengan teks, filter, atau stiker.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat