cpu-data.info

Video di YouTube Shorts Kini Bisa sampai 3 Menit, Mirip TikTok

Ilustrasi YouTube Shorts.
Lihat Foto

- Platform berbagi video, YouTube, meningkatkan durasi fitur video singkatnya YouTube Shorts, menjadi tiga menit. Hal ini diumumkan perusahaan di bawah naungan Google itu, lewat blog resminya.

Durasi itu terbilang meningkat tiga kali lipat. Sebab, sebelumnya durasi Shorts hanya sampai 60 detik saja.

Menurut penjelasan YouTube, perpanjangan durasi Shorts itu akan mulai berlaku pada Selasa (15/10/2024). Video yang diunggah sebelum tanggal tersebut tidak akan terdampak perubahan ini.

"Mulai 15 Oktober, Anda dapat mengunggah Shorts berdurasi sampai tiga menit. Ini adalah fitur yang paling banyak diminta oleh kreator, jadi kami senang dapat memberikan Anda lebih banyak fleksibilitas untuk membagikan kisah Anda," kata Todd Sherman, Director of Product Management YouTube Shorts dikutip KompasTekno dari blog YouTube, Sabtu (5/10/2024).

Baca juga: Cara Berhenti Langganan YouTube Premium via HP dan PC

Meningkatnya durasi YouTube Shorts membuat platform berbagi video pendek ini kian bersaing dengan TikTok.

Media sosial asal China ini juga memungkinkan pengguna mengunggah konten berdurasi panjang sampai tiga menit atau 10 menit bila direkam dari aplikasi TikTok langsung.

Selain menambah dukungan durasi lebih lama, YouTube juga menggulirkan pembaruan lainnya untuk Shorts. Salah satunya yaitu memperbarui tampilan pemutar Shorts jadi lebih minimalis, sehingga penonton bisa lebih fokus ke konten atau ke kreator.

Tampilan Shorts saat ini menampilkan ikon yang bold di samping kanan bawah video. Nantinya, ikon-ikon itu hanya menampilkan bingkainya saja, seperti gambar di bawah ini.

Perbandingan tampilam YouTube Shorts yang jadi lebih minimalisYouTube Perbandingan tampilam YouTube Shorts yang jadi lebih minimalis

Bikin Shorts dari template

YouTube juga memungkinkan pengguna membuat video Shorts, mirip seperti video yang disukai penggunanya, melalui opsi "Use this template". Opsi ini nantinya akan tersedia bila pengguna mengakses tombol Remix.

Baca juga: Bikin Video YouTube Shorts Sekarang Lebih Praktis, Dibantu AI

Ke depannya, YouTube berkata bahwa opsi itu akan tersedia langsung di depan tampilan konten. Dengan begitu, pengguna bisa lebih mudah menjangkaunya untuk membuat video baru. Namun opsi ini baru akan tersedia dalam beberapa bulan lagi.

Lihat video yang populer

YouTube kini juga menampilkan fitur Trend ke aplikasi versi mobile. Dengan fitur ini, pengguna dapat melihat daftar video yang sedang populer di negaranya.

Fitur ini akan muncul ketika pengguna menjeda video. Daftar video yang populer  juga dapat menjadi panduan bagi pengguna yang tidak ingin ketinggalan tren terbaru. 

Pembaruan lainnya yaitu pengguna bisa menyesuaikan seberapa banyak konten Shorts yang ingin mereka lihat di linimasa. Pengguna bisa memilih opsi "Show fewer Shorts" (Tampilkan lebih sedikit Shorts) dari ikon tiga titik di kanan atas Shorts.

Namun, YouTube juga menegaskan bahwa pengurangan paparan Shorts hanya berlangsung sementara, tanpa menjelaskannya lebih rinci.

Baca juga: 6 Fitur Baru YouTube Shorts, Ada yang Mirip TikTok

Kreator nantinya juga dapat memakai Veo, AI generatif untuk video dari Google DeepMind, di YouTube Shorts.

Dukungan ini memungkinkan pengguna mengubah background video, atau membuat video sendiri dengan bantuan AI. Hanya saja dukungan Veo baru akan tersedia akhir tahun ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat