cpu-data.info

Makin Canggih, Google Lens Bisa Cari Informasi dari Video

Google Lens kini memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian informasi berdasarkan video. Ini berbeda dari sebelumnya yang mana pengguna hanya bisa mencari informasi berdasarkan gambar dan teks.
Lihat Foto

- Raksasa teknologi Google memberikan meningkatkan (upgrade) kemampuan Google Lens.

Alat pengenalan gambar (image recognition) itu kini memungkinkan penggunanya untuk melakukan pencarian informasi berdasarkan video.

Ini berbeda dari sebelumnya, yang mana pengguna hanya bisa mencari informasi berdasarkan gambar dan teks.

Contoh penggunaannya, ketika sedang mengunjungi akuarium dan ingin belajar lebih banyak hal tentang ikan, pengguna bisa membuka aplikasi Google Lens di smartphone iOS dan Android, kemudian menahan (hold) tombol "Search" di tengah layar untuk merekam video berdurasi 20 detik.

Saat merekam, pengguna bakal melihat tulisan "Speak now to ask about this video" (Bicara sekarang untuk bertanya soal video ini). Pengguna pun dapat bertanya dengan suaranya, misalnya "Mengapa ikan tersebut berenang bersama-sama?".

Baca juga: Apa Itu Google Lens, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Nantinya, Google Lens akan menampilkan AI Overview, yakni fitur Google Search yang menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) Gemini AI, untuk merangkum informasi dari berbagai situs web.

AI Overview juga bakal mencantumkan beberapa tautan (link) jika pengguna ingin menggali informasi secara lebih dalam.

Menurut Rajan Patel selaku Vice President of Engineering di Google, hal ini dimungkinkan karena Google menangkap video yang direkam sebagai serangkaian gambar (frame).

Google kemudian menerapkan teknik visi komputer yang sama dengan yang sebelumnya digunakan di Google Lens.

Namun, raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu mengambil langkah lebih jauh, dengan cara meneruskan informasi gambar ini ke model Gemini khusus.

Model Gemini ini dikembangkan untuk memahami beberapa gambar secara berurutan, kemudian memberikan respons yang diambil dari web.

Catatannya, fitur yang sebelumnya dipamerkan di acara Google I/O pada Mei 2024 ini, belum bisa mengidentifikasi suara. Jadi, pengguna belum dapat mengidentifikasi jenis burung dari suara kicauan. Terkait hal itu, Patel mengatakan Google masih bereksperimen.

Baca juga: Google Lens Kini Bisa Diakses dari Beranda Google.com

Untuk privasi, Google mengatakan video yang direkam bakal langsung dihapus setelah dianalisis Gemini. Video tersebut juga tidak akan digunakan untuk melatih model Gemini, baik versi sekarang maupun versi yang akan datang.

Fitur googling pakai video ini baru tersedia dalam bahasa Inggris. Fitur ini sudah digelontorkan dalam program uji coba Search Labs di iOS dan Android.

Pengguna yang tertarik bisa mendaftarkan diri di Search Labs lewat tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat