cpu-data.info

Gerhana Matahari Diam-diam Muncul di Google Saat “Googling” Kata Ini

Ilustrasi animasi gerhana matahari yang muncul di Google untuk memperingati fenomena gerhana matahari cincin pada 2 Oktober 2024.
Lihat Foto

- Beberapa waktu belakangan ini, Google diam-diam menghadirkan easter egg atau kejutan berupa animasi gerhana matahari, yang muncul di halaman pencarian Google Search atau google.com.

Untuk diketahui, animasi gerhana matahari ini muncul di Google Search untuk memperingati kejadian gerhana matahari cincin yang berlangsung pada 2 Oktober kemarin, yang terjadi di beberapa wilayah dunia.

Baca juga: Bintang-bintang Pink Muncul di Google Saat Cari Film Barbie “Margot Robbie”

Kendati gerhana matahari cincin telah lewat, pengguna saat ini bisa melihat langsung animasi gerhana matahari itu di Google Search dengan “googling” atau melakukan pencarian menggunakan kueri atau kata kunci tertentu.

Animasi gerhana matahari cincin di Google Search

Berdasarkan percobaan yang kami lakukan, animasi gerhana matahari bakal muncul di halaman pencarian Google Search dengan kata kunci “Gerhana Matahari” atau bisa juga dengan kueri “Solar Eclipse”.

Ketika kata kunci tersebut di-googling, halaman Google Search bakal menampilkan animasi gerhana matahari dalam beberapa detik. Animasi tersebut menunjukkan secara singkat fase gerhana matahari cincin.

Tampilan easter egg animasi gerhana matahari di Google Search yang muncul saat cari kata gerhana matahari atau solar eclipse./Zulfikar Hardiansyah Tampilan easter egg animasi gerhana matahari di Google Search yang muncul saat cari kata gerhana matahari atau solar eclipse.

Jadi, pengguna pertama-tama bakal melihat lingkaran kuning sebagai animasi matahari, Kemudian, terdapat lingkaran abu-abu sebagai animasi bulan, yang akan melintasi animasi matahari. Animasi bulan bergerak hingga menutup animasi matahari.

Setelah itu, pada puncaknya membentuk gerhana matahari cincin dan pergerakan berlanjut hingga animasi gerhana berakhir. Dalam easter egg animasi gerhana matahari ini, pengguna hanya bisa melihat pergerakan bulan menutup matahari.

Tidak ada opsi atau tombol lain yang disediakan dalam easter egg tersebut. Pengguna bisa melihat animasi gerhana matahari cincin ini di Google Search, baik lewat browser desktop maupun HP.

Baca juga: Jamur Cordyceps Tumbuh di Layar Saat Googling Serial The Last of Us

Sebagai informasi, easter egg Google ini kerap muncul secara diam-diam. Easter egg Google umumnya tiba-tiba muncul untuk memperingati peristiwa penting atau kejadian yang menyita banyak perhatian pengguna.

Sebelumnya, Google rutin memunculkan easter egg animasi di Google Search untuk merayakan Olimpiade Paris 2024, film Barbie, dan serial The Last of Us. Kali ini, easter egg ditujukan buat merayakan gerhana matahari cincin yang terjadi pada 2 Oktober 2024.

Gerhana matahari cincin 2 Oktober 2024

Pada 2 Oktober kemarin, sejumlah wilayah di dunia menjumpai fenomena gerhana matahari cincin. Dalam gerhana matahari cincin, posisi bulan tepat berada di antara bumi dan matahari, tetapi tidak cukup besar untuk menutup seluruh matahari.

Alhasil, matahari dari bumi tampak seperti cincin. Dikutip dari Space, gerhana matahari cincin yang terjadi 2 Oktober kemarin itu melintasi sebagian Samudra Pasifik, bagian selatan Chile, dan bagian selatan Argentina.

Sementara itu, menurut BMKG, gerhana matahari cincin ini tidak dapat diamati di Indonesia. Kemudian, gerhana matahari cincin yang baru saja terjadi itu juga tidak memiliki dampak, baik langsung maupun tidak langsung, di Indonesia.

Dikutip dari Antara, Ketua Bidang Tanda Waktu BMKG Himawan menjelaskan, wilayah yang dapat mengamati Gerhana Matahari Cincin tersebut antara lain di Samudra Pasifik, Amerika Selatan bagian selatan.

Baca juga: 10 Game Google Gratis yang Seru buat Dimainkan, Ada Pac Man, Snake, dll

Kemudian, alur pergerakannya melewati Chile bagian selatan dan Argentina bagian selatan. Himawan menjelaskan, fenomena gerhana matahari cincin adalah fenomena langka. Gerhana matahari cincin bisa terjadi di lokasi yang sama butuh waktu lebih dari 10 tahun.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link #. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat