cpu-data.info

Spotify Rilis Fitur "Offline Backup", Bisa Putar Playlist Tanpa Internet

Spotify telah merilis fitur Offline Backup di platform mobile. Offline Backup memungkinkan perangkat membuat daftar putar (playlist) musik secara otomatis, yang bisa didengar tanpa koneksi internet.
Lihat Foto

- Layanan streaming musik Spotify meluncurkan fitur baru bernama Offline Backup, Kamis (3/10/2024).

Fitur ini digelontorkan secara global untuk pelanggan layanan Spotify Premium di platform Android dan iOS, termasuk Android Auto serta Apple CarPlay.

Offline Backup memungkinkan perangkat pengguna membuat daftar putar (playlist) musik secara otomatis, saat koneksi internet tiba-tiba hilang.

Ini berbeda dari fitur Offline Mode Spotify yang memungkinkan pengguna mengunduh musik secara manual, kemudian mendengarkannya secara offline.

Baca juga: Ramai di Medsos, Lirik di Spotify Kini Dibatasi dan Harus Langganan Premium, Kok Bisa?

Daftar putar di Offline Backup akan langsung muncul di menu "Home" aplikasi ketika pengguna kehilangan koneksi internet, misalnya saat menaiki pesawat terbang.

Playlist itu berisi musik yang baru saja didengar (stream) pengguna, di dalam antrean (queued), atau yang sudah disimpan dalam cache.

Cache merupakan lokasi penyimpanan (storage) yang digunakan aplikasi, server, dan peramban (browser) untuk menyimpan data secara sementara. Hal ini berguna untuk mempercepat proses pemuatan (loading) aplikasi tersebut.

Karena berisi musik yang sudah disimpan di cache, daftar putar itu tidak akan memakan ruang penyimpanan tambahan di perangkat, atau menghabiskan mobile data.

Playlist yang muncul ketika perangkat offline ini bisa diurutkan dan disaring (filter) berdasarkan musisi, mood, dan genre. Spotify mengeklaim bahwa Offline Backup akan berevolusi, sehingga pengguna bakal sering diberikan lagu yang baru.

Tampilan fitur Offline Backup di SpotifyThe Verge Tampilan fitur Offline Backup di Spotify
Jumlah musik dalam daftar putar berbeda-beda tergantung seberapa sering pengguna memanfaatkan aplikasi Spotify. Sejumlah daftar putar Offline Backup bisa memuat puluhan musik.

Jika menyukai daftar putar di Offline Backup, pengguna bisa menambahkannya secara permanen ke perpustakaan (library) musiknya.

Fitur baru Spotify ini digelontorkan pekan ini secara global di platform Android, iOS, Android Auto, dan Apple CarPlay, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GSMArena, Sabtu (5/10/2024).

Baca juga: Cara Bagikan Spotify di Instagram Stories

Pengguna wajib berlangganan layanan Spotify Premium yang dibanderol Rp 54.990 per bulan.

Selain Offline Backup, Spotify Premium turut membawa fitur mendengarkan musik tanpa iklan, pengunduhan musik serta pemutaran secara offline, kualitas audio yang tinggi, dan lain sebagainya.

Setelah berlangganan, pengguna perlu mendengarkan lebih dari lima lagu dan mengaktifkan menu "Offline Listening".

Menu ini bisa ditemukan dengan mengakses "Settings" > "Data Saving and Offline or Storage" > "Offline Listening".

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat