cpu-data.info

CEO Apple Tim Cook Tambah Kaya Rp 777 Miliar

CEO Apple Tim Cook
Lihat Foto

- Kekayaan CEO Apple, Tim Cook bertambah pekan ini. Sebab, ia menjual ratusan ribu saham yang ia miliki di Apple dengan total nilai 50,2 juta dolar AS atau setara Rp 777,4 miliar. 

Penjualan saham ini tercantum dalam sebuah dokumen yang diajukan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa (Securities and Exchange Commission/SEC) Amerika Serikat (AS) pada Kamis (2/10/2024) waktu setempat AS. 

Dalam dokumen ini, tercatata bahwa Tim Cook menjual 223.986 lembar saham Apple yang ia miliki. Pada 2 Oktober kemarin, saham Apple, menurut data MarketWatch, bernilai sekitar 224 dolar AS (setara Rp 3,4 juta) per lembar. 

Baca juga: Begini Respons Tim Cook saat Diminta Bikin Pabrik dan Apple Store di Indonesia

Artinya, 223.986 lembar saham milik Tim Cook tadi, apabila dikalikan dengan harga saham per lembar pada saat itu, bernilai 50,2 juta dolar AS atau setara dengan Rp 777,4 miliar tadi. 

Dengan penjualan saham ini, kekayaan Tim Cook tentunya bertambah. Berdasarkan data Forbes Real-Time Billionaires, ia kini memiliki kekayaan senilai 2,2 miliar dolar AS (sekitar Rp 34,1 triliun). 

Nilai kekayaan Tim Cook ini meningkat dari nilai kekayaan Oktober 2023 lalu yang berada di angka 1,9 miliar dolar AS (sekitar Rp 29,7 triliun). 

Kembali lagi ke saham Tim Cook di Apple yang dijual di atas, saham ini merupakan salah satu benefit yang diterima sang CEO berdasarkan performa ia kerja di Apple. 

Selain saham, ia juga menerima beberapa benefit lainnya, seperti gaji pokok yang kabarnya bernilai 3 juta dolar AS (sekitar Rp 46,5 juta), asuransi, uang liburan, uang keamanan, uang dinas luar negeri, dan bonus uang, insentif, dan kompensasi lainnya.

Adapun sebagian besar gaji Tim Cook di Apple diterima dari benefit pemberian saham berdasarkan performa, dan sebagian kecil saham ini biasa ia cairkan pada awal Oktober setiap tahunnya.

Baca juga: 2 Permintaan Presiden Jokowi ke CEO Apple Tim Cook

Per awal 2024 ini, Tim Cook kabarnya memiliki lebih dari 3 juta lembar saham di Apple yang siap dicairkan kapan saja, ditambah dengan 1,3 juta saham yang belum bisa dicairkan, namun akan bisa dijual dalam beberapa tahun ke depan. 

Artinya, nilai saham yang dimiliki Cook bisa bernilai ratusan juta dolar AS atau triliunan rupiah, tergantung pada harga saham yang biasanya naik turun setiap harinya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Jumat (4/10/2024).

Pantauan KompasTekno pada Jumat pagi ini, harga saham Apple naik sekitar 0,19 persen ke angka 226 dolar AS (sekitar Rp 3,5 juta) per lembar.

Ini lebih tinggi dibanding harga saham Apple ketika Tim Cook menjual sebagian sahamnya di atas, yaitu pada 2 Oktober lalu yang bernilai 224 dolar AS (sekitar Rp 3,4 juta) per lembar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat