cpu-data.info

Apple Rilis iOS 18.0.1, Perbaiki Layar iPhone 16 Tak Responsif

Ilustrasi iOS 18.0.1.
Lihat Foto

- Apple tiba-tiba merilis iOS 18.0.1 pekan ini, sekitar dua minggu setelah peluncuran iOS 18 pada pertengahan September lalu. Ini juga merupakan pembaruan (update) pertama untuk iOS 18.

Nah, update iOS kali ini tidak hadir dengan fitur kecerdasan buatan (AI) terbaru Apple Intelligence. Sebab, fitur ini akan hadir di iOS 18.1 yang diprediksi akan dirilis Oktober ini.

Alih-alih Apple Intelligence, iOS 18.0.1 hadir dengan sejumlah peningkatan dan perbaikan.  Salah satu isu yang diperbaiki di versi iOS yang memiliki besar (size) sekitar 360,7 MB ini adalah masalah terkait responsivitas layar di iPhone 16 dan iPhone 16 Pro.

Baca juga: Pengguna iPhone 16 Pro Keluhkan Layar Tidak Responsif

Berdasarkan sejumlah laporan, layar iPhone 16 pengguna yang mengalami masalah ini juga terkadang tak menerima sentuhan (touch) jari dengan baik, dan terkadang tidak menerima aksi geser atau swipe.

Kemudian, Apple juga memperbaiki isu aplikasi kamera di iPhone 16 Pro yang tiba-tiba berhenti (freeze) apabila dipakai untuk merekam mode macro 4K HDR dengan kamera ultrawide.

Masalah lain yang diperbaiki Apple di iOS 18.0.1 adalah soal aplikasi Messages yang tiba-tiba tertutup (crash) ketika membalas suatu pesan yang berhubungan denga tema (watch face) Apple Watch.

Ada pula isu terkait alokasi memori di iPhone yang dapat mempengaruhi performa perangkat secara keseluruhan. Masalah tersebut kini sudah diperbaiki, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PhoneArena, Jumat (4/10/2024).  

Baca juga: 10 Fitur iOS 18 yang Menarik Dicoba, Bisa Ganti Ikon Aplikasi dan Control Center

Nah, untuk memperbarui iOS ke versi terbaru, pengguna bisa mengunjungi laman pengaturan alias "Settings". Di sana, pengguna bisa mengeklik menu "General" dan "Software Update" untuk memperbarui iOS atau mengetahui apakah ada pembaruan iOS atau tidak.  

Jika ada, pengguna bisa mengeklik tombol "Update Now" untuk langsung meningkatkan versi iOS 18 mereka ke versi 18.0.1. 

Berdasarkan pantauan KompasTekno, sejumlah pengguna iPhone di Indonesia belum kebagian update ini. Apabila belum kebagian, tidak ada salahnya untuk mengecek ketersediannya secara berkala.

Adapun perangkat iPhone yang didukung pembaruan ini adalah iPhone XR atau yang lebih baru, serta iPhone SE 2020 ke atas.

Baca juga: 27 iPhone yang Kebagian iOS 18

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat