cpu-data.info

Asus TUF Gaming A16 Resmi di Indonesia, Laptop Gaming "Ramah" AI

Asus TUF Gaming A16.
Lihat Foto

- Asus meluncurkan produk terbaru dari keluarga dari keluarga laptop gaming mainstream TUF Gaming, yaitu TUF Gaming A16 (FA608) di Indonesia pekan ini. 

Laptop gaming ini "ramah" AI atau kecerdasan buatan. Sebab, Asus TUF Gaming A16 dibekali hardware yang bisa menggenjot kinerja aplikasi berbasis AI.

Salah satu hardware yang dimaksud adalah prosesor AI (NPU) AMD XDNA. Prosesor ini diklaim memiliki kemampuan komputasi hingga 50 triliun operasi per detik (TOPS).

NPU di TUF Gaming A16 dipadukan dengan prosesor (CPU) AMD Ryzen AI 9 HX (12 cores, 24 threads, 36 MB cache) yang memiliki kecepacan clock dasar (base) 2,0 GHz dan boost mencapai 5,1 GHz.

CPU ini juga dikombinasikan dengan pengolah grafis (GPU) Nvidia GeForce RTX 4060 yang diklaim dapat menjalankan aplikasi AI dengan performa mencapai 233 AI TOPS dengan konsumsi daya mencapai 140 watt.

Ki-Ka: Jovani Shaloom, Public Relations Asus Indonesia dan Muhammad Firman, Head of Public Relations Asus  Indonesia memperkenalkan Asus TUF Gaming A16.Asus Indonesia Ki-Ka: Jovani Shaloom, Public Relations Asus Indonesia dan Muhammad Firman, Head of Public Relations Asus Indonesia memperkenalkan Asus TUF Gaming A16.

 

Baca juga: Kriminal Asia Tenggara Raup Rp 575 Triliun, Pakai AI dan Uang Kripto

Nah, gabungan dari NPU, CPU, dan GPU di atas, menurut Asus, membuat TUF Gaming A16 menjadi laptop multifungsi (all-rounder) yang dapat menjalankan berbagai aplikasi AI modern, serta berbagai game "berat" yang termasuk dalam kategori game "AAA".

Secara desain, Asus TUF Gaming A16 memiliki tampilan "garang" khas laptop gaming, dengan papan ketik (keyboard) yang bisa menyala dan ventilasi udara yang cukup besar di bagian belakang.

Layar laptop ini juga cukup besar, yaitu berukuran 16 inci yang mendukung resolusi 2.5K (2.560 x 1.600 piksel), fitur Nvidia G-Sync, serta memiliki gamut warna 100 persen sRGB.

Panel layar laptop ini mengusung IPS dan memiliki rasio layar 16:10, refresh rate 165 Hz, response time 3 ms, dan tingkat kecerahan 400 nit.

Pada aspek memori, Asus TUF Gaming A16 dibekali dengan RAM LDDR5X 7.500 MHz dengan kapasitas hingga 32 GB, serta media penyimpanan (storage) SSD PCIe 4.0 NVMe berkapasitas 1 TB.

Fitur pendukung lainnya yang ada di laptop gaming AI dengan bobot 2,2 kg dan dimensi ketebalan 1,79-2,57 cm ini mencakup baterai dengan kapasitas 90 WHrs, WiFi 6E, Bluetooth 5.3, IR Camera 1080p untuk Windows Hello, dan speaker berteknologi Dolby Atmos. 

Baca juga: Podcast Antarmuka: Ingin Kerja di Bidang AI, Harus Kuliah Jurusan Apa?

Laptop ini juga sudah lolos sertifikasi tingkat ketahanan militer AS MIL-STD-810H. Ada sejumlah konektor USB-C dengan teknologi USB 4 yang mendukung DisplayPort dan PowerDelivery, kipas Arc Flow Fans untuk mendinginkan laptop serta sistem operasi (OS) Windows 11 Home. 

Di Indonesia, Asus TUF Gaming A16 tersedia dalam satu warna Jaeger Gray dan dijual dengan harga Rp 29.999.000. Laptop ini sudah bisa didapatkan di sejumlah toko mitra Asus yang tersebar di Indonesia. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat