cpu-data.info

7 Cara Mengatasi FaceTime Tidak Berfungsi di iPhone

Ilustrasi facetime
Lihat Foto


- FaceTime merupakan salah satu fitur andalan iPhone yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video dan suara dengan mudah. Namun, ada kalanya FaceTime tidak berfungsi sebagaimana mestinya, baik itu tidak bisa tersambung, tidak ada suara, atau bahkan aplikasi tidak bisa dibuka sama sekali.

Masalah seperti ini tentu dapat mengganggu, terutama bagi mereka yang mengandalkan FaceTime untuk berkomunikasi sehari-hari. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna. Misalnya saja mulai dari memeriksa koneksi internet, memastikan pengaturan FaceTime yang benar, hingga melakukan pembaruan iOS.

Lantas bagaimana selengkapnya cara mengatasi FaceTime tidak berfungsi di iPhone?Selengkapnya berikut ini beberapa solusi yang bisa Anda coba.

Baca juga: Cara Blokir SMS Promosi dan Spam di iPhone yang Mengganggu

Periksa kamera dan mikrofon di perangkat Anda

Jika orang lain tidak dapat melihat atau mendengar Anda saat menggunakan FaceTime, mungkin ada masalah pada kamera atau mikrofon perangkat Anda.

Di iPhone, cara paling mudah untuk memeriksanya adalah dengan membuka aplikasi Kamera, lalu rekam video singkat menggunakan kamera depan sambil berbicara. Jika Anda menggunakan Mac, Anda bisa menggunakan aplikasi Photo Booth untuk melakukan hal yang sama.

Setelah itu, putar ulang video untuk melihat apakah ada masalah dengan gambar atau suara yang terekam. Jika ada, berarti Anda perlu memeriksa dan memperbaiki masalah pada kamera atau mikrofon iPhone terlebih dahulu.

Periksa koneksi internet di perangkat Anda

Berbeda dengan panggilan telepon biasa, FaceTime memerlukan koneksi internet agar bisa digunakan. Jika FaceTime tidak dapat terhubung, coba buka halaman web di iPhone, untuk memastikan koneksi internet berfungsi dengan baik.

FaceTime bekerja lebih optimal melalui Wi-Fi, tetapi Anda juga bisa menggunakannya dengan data seluler di iPhone atau iPad. Untuk menggunakan FaceTime tanpa Wi-Fi, buka Pengaturan > Seluler (atau Layanan Seluler), lalu cari FaceTime di daftar aplikasi. Aktifkan pengaturan FaceTime agar bisa menggunakan data seluler.

Pastikan menggunakan detail kontak yang benar

Di iPhone, Anda bisa memeriksa detail kontak FaceTime Anda sendiri dengan membuka Settings > FaceTime > You Can Be Reached By FaceTime At. Mintalah orang yang Anda hubungi untuk melakukan hal yang sama, agar Anda bisa memastikan bahwa Anda memiliki detail kontak mereka yang benar.

Perbarui perangkat lunak di iPhone

FaceTime bisa mengalami masalah jika perangkat lunak di iPhone Anda belum diperbarui. Untuk mengatasi ini, pastikan perangkat Anda menjalankan versi OS terbaru. Pastikan juga orang yang Anda coba hubungi telah memperbarui perangkatnya.

Atur tanggal dan waktu secara otomatis

Apple menyarankan untuk mengatur tanggal dan waktu secara otomatis jika FaceTime tidak berfungsi di iPhone, iPad, atau Mac Anda. Sebagian besar dari Anda mungkin sudah melakukannya, tetapi sebaiknya periksa kembali apakah pengaturan ini sudah aktif di perangkat Anda. Begini cara mengaturnya.

Di iPhone atau iPad, buka Pengaturan > Umum > Tanggal & Waktu dan pastikan opsi Atur Otomatis sudah diaktifkan.

Keluar dari FaceTime, lalu masuk kembali

Jika FaceTime masih tidak berfungsi di iPhone, coba keluar sepenuhnya dari FaceTime, lalu masuk lagi. Jika Anda lupa kata sandi ID Apple, Anda juga bisa mengatur ulang.

  • Buka Pengaturan > FaceTime.
  • Ketuk alamat email ID Apple Anda di bagian ID Penelepon.
  • Pilih Keluar dari jendela pop-up yang muncul.
  • Setelah keluar, ketuk Gunakan ID Apple Anda untuk FaceTime.
  • Masuk kembali menggunakan detail ID Apple Anda.

Nyalakan kamera dan mikrofon di FaceTime

Jika orang lain tidak dapat melihat atau mendengar Anda di FaceTime, kemungkinan kamera atau mikrofon Anda tidak sengaja dinonaktifkan selama panggilan.

Saat sedang dalam panggilan FaceTime, Anda bisa menampilkan pengaturan tambahan dengan mengetuk layar di iPhone. Klik ikon Video dan Mikrofon untuk menyalakan atau mematikan kamera dan mikrofon selama panggilan.

Jika Anda tidak bisa melihat atau mendengar lawan bicara Anda di FaceTime, sementara mereka dapat melihat Anda, mintalah mereka untuk memeriksa apakah video dan mikrofon mereka sudah diaktifkan.

Baca juga: Cara Blokir SMS Promosi dan Spam di iPhone yang Mengganggu

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat