cpu-data.info

Threads Instagram Rilis Activity Status, Bisa Lihat Kalau Orang Lain "Online"

Ilustrasi aplikasi Threads di iPhone
Lihat Foto

- Instagram (IG) terus memperkaya fitu Threads, platform microblogging yang terafiliasi dengan aplikasi IG. Terbaru, Threads kini punya fitur bernama Activity Status. 

Fitur baru ini diumumkan Head of Instagram, Adam Mosseri dalam sebuah postingan Threads.

Dengan fitur ini, pengguna akan bisa melihat tanda atau status jika pengguna Threads lainnya sedang membuka dan mengakses media sosial atau aplikasi tersebut alias sedang online.

Status ini diwakili dengan titik atau dot berwarna hijau yang tampil di bagian kanan bawah gambar profil pengguna lain, seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Ilustrasi fitur Activity Status di Threads.Threads/Adam Mosseri Ilustrasi fitur Activity Status di Threads.

Pada tampilan timeline atau feed, titik hijau ini akan diposisikan di bagian kanan bawah foto profil pengguna, sedangkan di tampilan profile, titik ini dimuat di sebelah kiri bawah foto profil pengguna.

Mosseri mengatakan fitur ini hadir supaya pengguna Threads bisa berinteraksi dengan pengguna lainnya secara realtime.

"Fitur Acvitity Status akan mempermudah pengguna di Threads berkomunikasi satu sama lain secara langsung ketika mereka online," jelas Mosseri, dikutip KompasTekno dari Threads.net, Rabu (16/10/2024).

Baca juga: Pengguna Instagram dan Facebook Kini Bisa Posting Silang ke Threads

Untuk melindungi privasi pengguna, Mosseri menyebut Activity Status hanya bisa tampil dan dilihat orang lain apabila pengguna tersebut mengaktifkan fitur ini di menu pengaturan atau Settings.

"Pengguna yang tak ingin memperlihatkan status online mereka bisa menonaktifkan Activity Status kapanpun mereka mau melalui Settings," imbuh Mosseri.

Adapun pengguna yang menonaktifkan fitur Activity Status juga tidak akan bisa melihat status pengguna Threads lainnya, meski pengguna tersebut sedang online. Dengan begitu, privasi akan tetap terjaga.

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini, pengguna bisa mengunjungi menu  "Settings" > "Privacy" > dan "Online status".

Pantauan KompasTekno pada Rabu pagi, fitur Activity Status ini tampaknya sudah bisa dijajal di Indonesia, setidaknya untuk kami yang menggunakan Threads versi aplikasi dan web

Pada saat membuka aplikasi Threads, kami bisa melihat beberapa foto profil pengguna Threads di laman feed kami dihiasi dengan titik berwarna hijau, yang artinya mereka sedang online.

Untuk ketersediaan, Mosseri mengatakan fitur ini sedang digelontorkan secara bertahap dalam beberapa waktu ke depan. Artinya, pengguna yang belum kebagian Activity Status harus bersabar sedikit hingga mereka mendapatkan fitur tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat