cpu-data.info

Pengguna Instagram dan Facebook Kini Bisa Posting Silang ke Threads

Ilustrasi tiga platform jejaring sosial Meta, yakni Threads, Instagram, dan Facebook.
Lihat Foto

- Meta membuat tiga jejaring sosialnya, yakni Instagram, Facebook, dan Threads makin terintegrasi.

Kini, Meta resmi merilis fitur baru cross-posting atau pos silang konten dari Instagram dan Facebook ke Threads.

Dengan fitur ini, pengguna bisa membagikan postingan Facebook dan Instagram ke Threads, dan sebaliknya, secara langsung hanya dengan satu klik.

Sebelum resmi dirilis, fitur cross-posting Instagram ke Threads ini diketahui sudah diuji sejak Mei. Sementara uji coba posting silang Threads mulai diluncurkan ke pengguna Facebook pada akhir Februari.

Baca juga: Threads Luncurkan Fitur Mirip TweetDeck Twitter

Pantauan KompasTekno, Jumat (23/8/2024), fitur lintas pos ini sudah tersedia dan bisa dicoba pengguna Instagram, termasuk yang ada di Indonesia di aplikasi Instagram versi 345.0.0.48.95.

Sementara itu, fitur cross-post dari Facebook ke Threads hingga berita ini ditayangkan belum muncul di akun KompasTekno.

Cara pos silang Instagram dan Facebook ke Threads

Cara cross-posting Instagram ke Threads./ Galuh Putri Riyanto Cara cross-posting Instagram ke Threads.
Di Instagram, fitur pos silang ini masih terbatas untuk konten gambar diam, belum mendukung posting video feed maupun Instagram Reels.

Pengguna Instagram memiliki dua opsi untuk cross-posting ke Threads, yakni secara manual atau secara otomatis.

Opsi pertama, penggua harus mengaktifkan tombol "Share to Threads" setiap kali mengunggah gambar di Instagram. Dengan begitu, posting Instagram itu juga akan muncul di Threads.

Baca juga: Threads Sudah Ungguli X Twitter di iOS

Opsi kedua, pengguna bisa mengaktifkan fitur berbagi otomatis ke Threads. Dengan ini, seluruh posting gambar di feed pengguna akan otomatis dibagikan juga di Threads.

Menurut laporan outlet TechCrunch, dihimpun KompasTekno, Jumat (23/8/2024), foto akan diunggah seperti biasa di Threads. Sementara caption foto akan berubah menjadi posting teks di Threads. Kemudian, tagar akan berubah menjadi teks biasa.

Fitur ini tersedia untuk semua pengguna di seluruh dunia pada perangkat iOS dan Android.

Cara cross-post dari Facebook ke Threads.TechCrunch Cara cross-post dari Facebook ke Threads.
Proses pos silang untuk Facebook juga mirip. Kini, pengguna akan melihat opsi pos silang ke Threads saat membuat posting baru di kolom "What's on your mind".

Di sisi atas, pengguna akan melihat logo Threads dengan opsi "aktif" atau "nonaktif". Pilih opsi aktif jika ingin membagikan posting Facebook ke Threads.

Fitur pos silang dari Facebook ke Threads ini saat ini hanya berlaku untuk postingan teks dan tautan, tidak termasuk video.

Baca juga: Akun Threads Akhirnya Bisa Dihapus Tanpa Perlu Hapus Instagram

Fitur cross-posting ini sudah ada selama bertahun-tahun di Facebook dan Instagram. Ini memungkinkan pengguna yang aktif di kedua platform untuk membagikan postingan Facebook ke Instagram dan sebaliknya.

Yang spesial, pengguna Instagram dan Facebook bisa pos silang konten video juga, sedangkan Threads belum bisa. Ini kemungkinan karena Threads didesain sebagai media sosial yang berbasis teks atau microblogging.

Pada 2023, Meta juga mencoba cross-posting Threads secara otomatis di Instagram dan Facebook. Dengan ini, pengguna bisa melihat Threads yang disarankan di timeline Instagram dan Facebook. Kini, pengguna bisa menon-aktifkan fitur ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat