cpu-data.info

6 Bahaya Menggunakan WiFi Publik untuk Transaksi Perbankan

Ilustrasi cara mengatasi WiFi tidak terdeteksi di HP.
Lihat Foto

- Pengguna tak jarang melakukan transaksi perbankan di mana saja. Tak terkecuali ketika berada di ruang publik. Apabila pengguna tidak berlangganan paket internet pribadi, biasanya beberapa aktivitas online tentu dilakukan dengan memanfaatkan WiFi publik.

Namun melakukan aktivitas online, terutama transaksi dengan mobile banking (m-banking) cukup mengkhawatirkan. Terlebih lagi ketika pengguna menggunakan akses WiFi publik tanpa memasukkan username atau password, maka dikhawatirkan jaringan WiFi tidak mengenkripsi data yang dikirimkan.

Artinya, informasi yang Anda kirim dan terima bisa jadi dapat dengan mudah diintip oleh peretas. Maka dari itu untuk memberikan perhatian Anda saat menggunakan perbankan dengan WiFi publik, selengkapnya berikut ini beberapa risiko dan bahaya menggunakan WiFi publik untuk transaksi perbankan.

Baca juga: 5 Tips Aman Pakai WiFi Publik biar Terhindar dari Peretas

Serangan Man-in-the-Middle (MITM)

Saat terhubung ke WiFi publik, Anda berisiko terkena serangan man-in-the-middle. Serangan Man-in-the-Middle (MITM) sendiri merupakan jenis serangan siber di mana penyerang menyusup dan memantau komunikasi antara dua pihak yang sedang berkomunikasi secara langsung.

Dalam serangan ini, penyerang dapat mencegat, membaca, dan bahkan memodifikasi data yang dikirim antara kedua pihak tanpa sepengetahuan mereka. Salah satu aktivitas serangan ini berasal dari penggunaan WiFi publik. Mereka bisa mencuri informasi sensitif seperti kata sandi, nomor kartu kredit, dan data pribadi lainnya.

Data tidak terenkripsi 

Banyak jaringan WiFi publik tidak memiliki enkripsi yang kuat, sehingga memudahkan peretas untuk mengakses data. Tanpa enkripsi, informasi keuangan Anda bisa dengan mudah dicuri dan disalahgunakan.

Jaringan WiFi palsu

Peretas sering membuat jaringan WiFi palsu yang mirip dengan jaringan asli di tempat umum seperti kafe atau bandara. Jika Anda terhubung ke jaringan ini, mereka bisa memantau aktivitas perbankan Anda dan mencuri informasi keuangan.

Ancaman Malware dan Spyware

WiFi publik sering menjadi tempat penyebaran malware dan spyware. Menghubungkan perangkat ke jaringan yang tidak aman bisa membuat Anda mengunduh perangkat lunak berbahaya yang memantau aktivitas Anda dan mencuri informasi.

Pencurian informasi pribadi

Menggunakan WiFi publik untuk transaksi perbankan meningkatkan risiko pencurian informasi pribadi. Peretas bisa menangkap login, PIN, dan data sensitif lainnya, lalu menggunakannya untuk mengakses rekening bank Anda.

Serangan Phishing

WiFi publik sering menjadi target serangan phishing. Peretas bisa mengarahkan Anda ke situs perbankan palsu yang tampak asli. Setelah Anda memasukkan informasi, mereka bisa mencurinya dan melakukan transaksi tanpa izin.

Baca juga: Apa Itu E-mail Phising, Ciri-ciri, dan Cara Mengatasinya

Cara Melindungi Diri dari Bahaya Wi-Fi Publik

  • Gunakan VPN: VPN (Virtual Private Network) mengenkripsi data Anda sehingga lebih sulit bagi peretas untuk mengaksesnya.
  • Hindari transaksi keuangan: Jika memungkinkan, hindari melakukan transaksi keuangan saat menggunakan WiFi publik.
  • Periksa keamanan situs web: Pastikan situs web perbankan Anda menggunakan HTTPS, yang menunjukkan bahwa situs tersebut aman.
  • Perbarui perangkat lunak: Pastikan perangkat Anda memiliki pembaruan keamanan terbaru dan gunakan perangkat lunak antivirus yang andal.
  • Gunakan otentikasi dua faktor: Tambahkan lapisan keamanan ekstra dengan otentikasi dua faktor untuk akun perbankan Anda.

Baca juga: 15 Cara Mengatasi WiFI Lemot di HP dengan Mudah dan Praktis

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat