cpu-data.info

Arti Istilah “Overclaim” yang Lagi Ramai di Media Sosial

Ilustrasi media sosial
Lihat Foto

- Ada banyak bahasa gaul yang digunakan di media sosial (medsos). Dari sekian banyak bahasa gaul yang ada, salah satunya yang belakangan ini ramai digunakan adalah istilah overclaim.

Baca juga: Arti Kata “Cut Off”, Bahasa Gaul yang Sering Dipakai di Media Sosial

Istilah overclaim beberapa waktu belakangan ramai dipakai di medsos seperti X (dulu Twitter) dan TikTok. Saking ramainya dipakai, beberapa dari Anda mungkin juga sudah sempat melihat istilah overclaim muncul di linimasa medsos.

Lantaran lagi ramai dipakai, beberapa pengguna yang mungkin masih asing dengan istilah ini mungkin bakal tertarik buat mengetahui arti overclaim. Lantas, sebenarnya apa yang dimaksud dengan overclaim?

Jika tertarik buat mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai arti overclaim yang ramai dipakai di medsos.

Arti overclaim yang ramai di medsos

Bahasa gaul di media sosial umumnya memiliki kebiasaan penggunaan. Istilah overclaim sering kali digunakan untuk menyatakan sebuah hal yang terkesan tidak sesuai fakta. Dengan kebiasaan ini, lalu apa itu overclaim?

Baca juga: Arti Kata “Crush”, Bahasa Gaul yang Ramai Dipakai di Media Sosial

Overclaim termasuk dalam kosa kata bahasa Inggris. Dikutip dari kamus bahasa Inggris Merriam Webster, arti overclaim adalah sebuah klaim atau pernyataan yang berlebihan. Arti overclaim bisa juga merupakan klaim yang dibuat-buat.

Selain itu, arti overclaim adalah pernyataan yang dilebih-lebihkan sehingga terkesan tidak sesuai fakta atau salah. Overclaim biasa dipakai untuk menyebut sebuah pernyataan yang terkesan dilebih-lebihkan.

Pernyataan yang dinilai overclaim biasanya juga dianggap sebagai sebuah pernyataan yang tidak sesuai dengan fakta. Dari arti overclaim tersebut, tak heran jika warganet ramai memakai kata ini buat menyebut pernyataan yang dibuat-buat.

Jika menjumpai warganet yang memakai kata ini di medsos, mereka kemungkinan besar ingin menyebut terdapat sesuatu atau pernyataan yang dibuat-buat atau dilebih-lebihkan sehingga kurang sesuai dengan fakta.

Baca juga: Arti Kata “Humblebrag”, Bahasa Gaul yang Kerap Dipakai di Media Sosial

Itulah penjelasan mengenai arti overclaim yang belakangan ini ramai digunakan di medsos, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link #. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat