cpu-data.info

Cara Upload Foto atau Video ke "Feed Carousel" Instagram Orang Lain

Tampilan fitur baru Instagram Adding to a post yang sudah bisa dicoba oleh pengguna Indonesia mulai hari ini Selasa (22/10/2024). Fitur kolaboratif ini memungkinkan pengguna menambahkan foto atau video ke posting feed yang diunggah temannya.
Lihat Foto

- Instagram meluncurkan fitur baru bernama "Adding to a post". Fitur ini memungkinkan pengguna menambahkan foto atau video ke posting feed yang diunggah oleh orang lain.

Posting feed yang dimaksud adalah yang menggunakan tampilan carousel, yakni satu unggahan berisi banyak foto atau video sekaligus. Maksimal, pengguna bisa mengunggah 20 foto atau video.

Salah satu skenario penggunaannya adalah membuat kumpulan foto atau video liburan bersama "bestie". Biasanya, tiap orang mengunggah foto/video yang ada di ponselnya masing-masing menjadi satu carousel Instagram.

Baca juga: Fitur Baru Instagram di Indonesia, Tambah Foto dan Video ke Posting Orang Lain

Nah, dengan fitur "Adding to a post", teman pengguna bisa menambahkan foto/video miliknya ke carousel Instagram, begitu sebaliknya.

Fitur ini juga bisa digunakan untuk berbagi foto wisuda bareng teman satu kelas, hingga berbagi foto acara penting seperti resepsi pernikahan, ulang tahun, dan lainnya.

Fitur ini bakal berguna untuk konten kreator yang sering mengunggah konten hasil kolaborasi dengan kreator lain atau brand.

Berikut tutorial menambahkan foto atau video ke posting carousel orang lain:

Pengguna harus mengaktifkan fitur Adding to a post ini lewat dua opsi tersebut. Dengan begitu, pengguna lain akan bisa menambahkan foto/video ke carousel yang di-upload pengguna.
/ Galuh Putri Riyanto Pengguna harus mengaktifkan fitur Adding to a post ini lewat dua opsi tersebut. Dengan begitu, pengguna lain akan bisa menambahkan foto/video ke carousel yang di-upload pengguna.

  • Pastikan aplikasi Instagram sudah dalam versi paling baru. Pantauan KompasTekno, Selasa (22/10/2024), fitur baru ini sudah bisa dicoba oleh pengguna Instagram di Indonesia lewat aplikasi Instagram versi 353.2.0.49.90 di ponsel Android.
  • Pengguna bisa menemukan fitur baru "Adding to a post" di dua tempat.
    Pertama, lewat opsi "Allow other to add to this post" yang ada di bawah kolom caption sebelum mengunggah carousel.
    Kedua, lewat opsi "Allow adding media" lewat titik tiga di tiap posting feed.
  • Pengguna harus mengaktifkan fitur ini lewat dua opsi tersebut. Dengan begitu, pengguna lain akan bisa menambahkan foto/video ke carousel yang di-upload pengguna.

Kolaborator memilih foto yang ingin ditambahkan ke carousel orang lain. Kemudian, menunggu persetujuan dari pemilik carousel./ Galuh Putri Riyanto Kolaborator memilih foto yang ingin ditambahkan ke carousel orang lain. Kemudian, menunggu persetujuan dari pemilik carousel.

  • Nanti, pengikut (followers) bakal melihat opsi "Add to post" di posting carousel pengguna.
  • Klik opsi "Add to post tersebut" untuk menambahkan foto ke carousel.
  • Pilih foto atau video yang diinginkan dari galeri ponsel.
  • Nanti, Instagram akan secara otomatis mengirimkan notifikasi ke pemilik posting feed carousel, bahwa ada orang yang ingin menambahkan foto ke posting miliknya.

Jika permintaan kolaborasi diterima, foto atau video akan ditambahkan ke carousel. Nama kolaborator juga akan ditambahkan di samping pemilik asli posting./ Galuh Putri Riyanto Jika permintaan kolaborasi diterima, foto atau video akan ditambahkan ke carousel. Nama kolaborator juga akan ditambahkan di samping pemilik asli posting.

  • Jika permintaan kolaborasi diterima, foto atau video yang dipilih tadi akan ditambahkan ke carousel. Nama kolaborator atau pengguna lain yang menambahkan foto, juga akan ditambahkan di samping pemilik asli posting.
  • Perlu dicatat, kolaborator bisa menghapus foto/video yang ditambahkannya kapan saja. Hal ini juga berlaku dengan pemilik postingan, mereka bisa menghapus foto/video yang ditambahkan oleh kolaborator kapapun mereka mau.
  • Pun, pemilik posting bisa mengaktifkan dan menonaktifkan fitur "Allow adding media" ini secara fleksibel.

Baca juga: Instagram Kini Bisa Tambah Musik Langsung ke Spotify, Jadi Mudah Dengar Lagu Viral

Belum diketahui berapa maksimal pengguna lain/followers yang bisa "nebeng" di posting feed carousel.

Fitur baru "Adding to a post" ini juga berguna ketika pengguna lupa meng-upload foto/video. Dengan fitur ini, pengguna bisa menambahkan foto/video ke carousel dengan cepat dan mudah. Jadi, pengguna tidak ribet harus memilih foto/video dari awal, lalu mengunggahnya kembali.

Saat ini, batas unggah maksimal untuk satu posting carousel adalah 20 foto atau video. Ini membuat pengguna makin leluasa saat berkolaborasi mengunggah konten di Instagram. Namun, beberapa pengguna mungkin masih terbatas hanya bisa mengunggah 10 media.

Perbedaan dengan fitur invite collabolator

Instagram sebelumnya sudah meluncurkan fitur kolaborasi, bernama "Invite collaborators". Namun, fitur ini hanya memungkinkan kreator untuk menerima ajakan kolaborasi tanpa bisa mengunggah konten ke posting yang sama.

Nah, fitur "Adding to a post" memungkinkan kolaborasi yang lebih aktif. Sebab, masing-masing kreator bisa ikut berpartisipasi dalam penyebaran konten, dengan menambahkan foto atau video ke satu feed carousel yang sama. Nanti username kolaborator dalam posting feed itu akan muncul di atas carousel.

Posting kolaborasi yang dibuat dengan fitur "Adding to a post" ini hanya akan muncul di profile pemilik carousel saja. Ini berbeda dengan fitur kolaborasi "Invite collaborators" di mana posting akan muncul di seluruh akun yang berkolaborasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat