cpu-data.info

Belum Rilis Global, Ponsel iQoo 13 Sudah Kantongi Izin Edar di Indonesia

iQoo 12 reguler (merah) dan iQoo 12 Pro (putih) meluncur di China dengan Snapdragon 8 Gen 3.
Lihat Foto

- Ponsel kelas atas (flagship) teranyar dari sub-merek Vivo, iQoo yang belum meluncur di pasar global, yaitu iQoo 13 dipastikan akan masuk ke pasar Indonesia. 

Pasalnya, smartphone ini sudah mengantongi izin edar untuk dipasarkan di Tanah Air. Sertifikasi suksesor iQoo 12 itu sudah muncul di laman Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Di sana, ada ponsel misterius iQoo terbaru yang memiliki model I2401. Kabarnya, ponsel 5G yang sudah lolos uji TKDN dengan nilai 35,98 persen ini merupakan nomor model untuk iQoo 13.

Baca juga: iQoo 12 5G Resmi, HP Snapdragon 8 Gen 3 Pertama di Indonesia

Sertifikat TKDN Kemenperin ini juga diperkuat dengan kehadiran ponsel dengan nomor model yang sama di laman perangkat Pos dan Telekomunikasi (Postel) Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemenkomdigi), yang dulunya bernama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Baca juga: Meutya: Kementerian Komunikasi dan Digital Disingkat Komdigi

Pada laman tersebut, ponsel dengan nomor sertifikat 104515/SDPPI/2024 yang sudah didapatkan pada 21 Oktober 2024 tersebut memiliki Nama Pemasaran iQoo 13. Artinya, kemungkinan besar ponsel dengan model I2401 memang benar untuk iQoo 13.

Adapun sertifikasi TKDN dari Kemendagri dan Postel dari Kemenkomdigi merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh produsen elektronik, sebelum memasarkan produknya di Indonesia. Itu artinya, iQoo 13 akan rilis di Indonesia dalam waktu dekat.

iQoo 13 sudah terdaftar di laman TKDN Kemenperin dan Laman Postel Kementerian Komunikasi dan Digital./BILL CLINTEN iQoo 13 sudah terdaftar di laman TKDN Kemenperin dan Laman Postel Kementerian Komunikasi dan Digital.

Akan tetapi, belum ada informasi kapan ponsel yang diduga sebagai iQoo 13 ini diluncurkan di pasar Indonesia. Sebab, ponsel ini juga belum dirilis di negara manapun, termasuk di tempat asalnya, China. 

Yang jelas, berdasarkan informasi resmi yang disampaikan iQoo China, ponsel ini akan meluncur di "Negeri Tirai Bambu" pada 30 Oktober 2024 mendatang. Dengan begitu, peluncuran di Indonesia boleh jadi akan dilakukan setelah Oktober, atau mungkin November hingga Desember mendatang.

Baca juga: Ponsel iQoo Z9 Turbo Plus Resmi dengan Chipset MediaTek 9300+ dan Baterai Jumbo

Lantas, bagaimana dengan spesifikasi ponsel ini? Menurut informasi yang beredar, iQoo 13 akan ditenagai dengan chipset paling baru dan terkuat dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 8 Elite, yang dipadukan dengan baterai super jumbo dengan kapasitas 6.150 mAh. 

Baca juga: Qualcomm Snapdragon 8 Elite Resmi, Chip 3 Nm Penerus Snapdragon 8 Gen 3

Teknologi pengisian baterai yang didukung penerus iQoo 12 ini kabarnya mencapai 120 watt via kabel yang terhubung ke konektor USB-C.

Pada aspek layar, iQoo 13 konon mengadopsi layar bikinan produsen panel kenamaan dunia, BOE, utamanya BOE Q10 OLED Display, dengan ukuran 6,82 inci dan resolusi 2K. Penggunaan layar teranyar BOE ini kabarnya bisa meningkatkan tingkat kecerahan layar, namun tetap hemat daya.

Fitur pendukung lainnya yang digadang-gadang akan ada di iQoo 13 mencakup sistem operasi Android 15 yang dipoles dengan tampilan antarmuka OriginOS 5, desain modul kamera mirip iQoo 12, Ring Light, tingkat ketahanan terhadap air dabn debu IP68, dan masih banyak lagi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat