cpu-data.info

Fitur Baru Instagram di Indonesia, Tambah Foto dan Video ke Posting Orang Lain

Ilustrasi Instagram Highlights/Sorotan
Lihat Foto

- Instagram memperluas fitur posting kolaboratif di platformnya, dengan merilis fitur bernama "Adding to a post". Fitur ini memungkinkan pengguna menambahkan foto atau video ke posting feed yang diunggah temannya.

Fitur baru ini berlaku di unggahan feed carousel alias posting dengan banyak foto/video sekaligus.

Pantauan KompasTekno, Selasa (22/10/2024), fitur baru ini sudah bisa dicoba oleh pengguna Instagram di Indonesia lewat aplikasi Instagram versi 353.2.0.49.90 di ponsel Android.

Sebelum resmi hadir, fitur kolaborasi terpantau sudah diuji coba secara terbatas sejak Agustus 2023.

Cara kerja fitur "Adding to a post"

Tampilan fitur baru Instagram Adding to a post yang sudah bisa dicoba oleh pengguna Indonesia mulai hari ini Selasa (22/10/2024). Fitur kolaboratif ini memungkinkan pengguna menambahkan foto atau video ke posting feed yang diunggah temannya./ Galuh Putri Riyanto Tampilan fitur baru Instagram Adding to a post yang sudah bisa dicoba oleh pengguna Indonesia mulai hari ini Selasa (22/10/2024). Fitur kolaboratif ini memungkinkan pengguna menambahkan foto atau video ke posting feed yang diunggah temannya.
Tim KompasTekno mendapatkan notifikasi fitur baru "Adding to a post" ketika ingin mengunggah posting feed.

Fitur ini muncul di bawah kolom caption. Di sana, pengguna akan melihat opsi baru berbunyi "Allow other to add to this post" (Izinkan orang lain menambahkan ke postingan ini).

Baca juga: Instagram Kini Bisa Tambah Musik Langsung ke Spotify, Jadi Mudah Dengar Lagu Viral

Pengguna bisa mengeklik keterangan "How it works" untuk mengetahui cara kerja fitur ini. Ada beberapa poin utama yang mesti diketahui pengguna ketika ingin menggunakan fitur ini:

Pertama, pengguna perlu mengaktifkan fitur "Allow other to add to this post" agar orang lain bisa ikut menambahkan fotonya ke posting miliknya. Atau pengguna bisa mengakses fitur ini dengan opsi "Allow adding media" lewat titik tiga di tiap posting feed.

Kedua, pengguna bisa mengaktifkan dan menonaktifkan fitur "Allow adding media" ini secara fleksibel.

Ketiga, foto/video yang ditambahkan oleh teman tidak akan muncul sebelum disetujui oleh pengguna. Nah, jika disetujui, username kolaborator akan disertakan di foto/video yang ditambahkan.

Keempat, posting kolaborasi yang dibuat dengan fitur "Adding to a post" ini hanya akan muncul di profile pemilik posting saja. Ini berbeda dengan fitur kolaborasi yang sudah ada lebih dulu, yakni "Invite collaborators" di mana posting akan muncul di seluruh akun yang berkolaborasi.

Kelima, kolaborator bisa menghapus foto/video yang ditambahkannya kapan saja. Hal ini juga berlaku dengan pemilik postingan, mereka bisa menghapus foto/video yang ditambahkan pengguna kapapun mereka mau.

Tampilan fitur baru Instagram Adding to a post. Pengguna harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu agar orang lain bisa ikut menambahkan foto/video ke carousel feed. / Galuh Putri Riyanto Tampilan fitur baru Instagram Adding to a post. Pengguna harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu agar orang lain bisa ikut menambahkan foto/video ke carousel feed.
Bakal berguna untuk konten kreator

Fitur kolaborasi ini bakal berguna untuk konten kreator yang sering mengunggah konten kerja sama dengan kreator lain atau brand.

Proses kolaborasi dengan fitur "Adding to a post" ini terbilang lebih aktif. Sebab, masing-masing kreator bisa ikut berkontribusi dengan menambahkan foto atau video ke satu feed carousel yang sama.

Baca juga: Meta PHK Karyawan Facebook, Instagram, dan WhatsApp

Ini berbeda jika menggunakan fitur "Invite collaborators" di mana kreator hanya menerima ajakan kolaborasi tanpa bisa menambahkan foto/video.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat