cpu-data.info

Instagram Kini Bisa Tambah Musik Langsung ke Spotify, Jadi Mudah Dengar Lagu Viral

Instagram dan Spotify mengumumkan integrasi, yang memudahkan pengguna menambahkan musik yang didengar di Instagram ke Spotify.
Lihat Foto

- Platform media sosial Instagram (IG) dan layanan streaming musik Spotify, mengumumkan integrasi yang memudahkan pengguna menambahkan musik di Instagram ke daftar putar (playlist) Spotify, pekan lalu.

Cara kerjanya, pengguna akan menemukan label musik di bagian atas Instagram Story dan posting Instagram, atau di bagian bawah video Instagram Reels.

Ketika label ini diketuk, pengguna akan diarahkan ke halaman musik tersebut, yang mencakup judul musik, musisi, berapa jumlah Instagram Reels yang menggunakan musik itu, dan yang terbaru, logo Spotify di sebelah kanan atas halaman, yang dilengkapi tulisan "Add".

Pengguna yang mengeklik menu "Add" tersebut akan disambut teks "Discover on Instagram, add to Spotify" (Cari lagu di Instagram, tambahkan ke Spotify), dan arahan untuk menghubungkan (link) akun Instagram pengguna ke akun Spotify yang dimiliki.

Saat masuk akun (login) Spotify, pengguna akan melihat halaman terkait izin yang dibutuhkan Instagram, seperti melihat data akun Spotify, aktivitas di Spotify, serta menambah atau menghapus lagu di perpustakaan (library) musik pengguna.

Setelah mengetuk tombol "Agree" alias setuju, lagu di Instagram Story, Post, atau Reels tersebut akan ditambahkan ke daftar putar "Liked Songs" (Musik yang disukai) di Spotify pengguna.

Menu ini bisa diakses dengan membuka aplikasi Spotify, lalu menuju menu "Your Library" > "Liked Songs". Lagu dalam playlist ini bisa dihapus sesuka hati pengguna.

Baca juga: Cara Bagikan Spotify di Instagram Stories

Menurut Spotify, fitur ini dihadirkan untuk mempermudah pengguna dalam menambahkan musik ke perpustakaannya di Spotify.

Cara menambahkan musik dari posting Instagram, Instagram Story, dan Instagram Reels ke playlist Spotify./Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Cara menambahkan musik dari posting Instagram, Instagram Story, dan Instagram Reels ke playlist Spotify.
"Spotify dengan senang memperkenalkan integrasi baru bersama Instagram, yang makin memudahkan (pengguna) untuk langsung menambahkan musik ke Spotify dari Instagram, dengan hanya satu ketuk (tap)," tulis Spotify kepada situs berita teknologi 9to5Mac.

Adapun fitur baru Instagram ini dirilis di platform iOS dan Android.

Pantauan KompasTekno, Senin (21/10/2024), fitur ini sudah tersedia di ponsel Android kami, dengan aplikasi Instagram versi 353.2.0.49.90 dan Spotify versi 8.9.84.594.

Jika belum kebagian, pengguna bisa memperbarui (update) versi Instagram dan Spotify, lewat toko aplikasi Google Play Store untuk Android, dan Apple App Store untuk iOS, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget.

Baca juga: Kenapa Kita Terobsesi Nonton Instagram Stories Kita Sendiri?

Fitur ini sebelumnya juga sudah dimiliki oleh platform berbagi video pendek TikTok. Bedanya, fitur di TikTok tidak hanya kompatibel dengan Spotify, tetapi juga dengan Apple Music dan Amazon Music.

Pengembang (developer) sekaligus pembocor mobile, Alessandro Paluzzi mengeklaim bahwa selain integrasi di atas, Instagram dan Spotify sedang mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna Instagram, untuk membagikan musik yang didengar secara real-time.

Musik ini akan secara otomatis dibuat menjadi Notes, yakni fitur Instagram yang digunakan untuk membagikan posting pendek berisi 60 karakter.

Notes tersebut muncul di atas kotak masuk (inbox) dan foto profil pengguna.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat