cpu-data.info

Cara Atur Stiker Favorit di WhatsApp Agar Muncul Paling Atas

Cara membuat stiker WhatsApp sendiri.
Lihat Foto

- Aplikasi WhatsApp sudah diperkaya dengan fitur stiker sejak tahun 2018. Fitur ini memungkinkan obrolan pengguna di aplikasi terasa lebih seru dan interaktif.

Seiring waktu, WhatsApp melengkapi fitur stiker di aplikasinya, hingga memungkinkan pengguna membuat stiker dari foto, tanpa perlu keluar dari aplikasi.

Karena berbagai dukungan itu, jumlah stiker yang disimpan pengguna mungkin terus bertambah. Nah, praktik ini akan membuat stiker lama yang sudah disimpan sebelumnya jadi "tenggelam" karena tertimpa stiker baru. 

Adapun tampilan daftar stiker di WhatsApp pengguna akan menampilkan stiker yang paling sering dipakai atau dikirimkan, sebagai daftar teratas.

Baca juga: Cara Hapus Stiker-stiker di Chat WhatsApp yang Tidak Diinginkan

Baru kemudian stiker lainnya yang sudah ditambahkan sebagai stiker favorit, berada di bawahnya.

Daftar stiker favorit juga bisa diakses dari tab favorit dengan ikon bintang. Hal tersebut terkadang menyulitkan pengguna untuk menemukan stiker lain yang berada di daftar bawah. 

Untuk memudahkan pengguna, WhatsApp kini menyediakan opsi untuk mengelola stiker, sehingga pengguna bisa menggeser suatu stiker favorit agar berada di posisi teratas. Dengan begitu, pengguna bisa lebih mudah mengakses dan mengirimkan stiker favorit.

Fitur pengelola urutan stiker itu adalah "Move to top", yang sudah dirilis sekitar bulan Agustus lalu.

"Semacam VIP untuk stiker favorit Anda, geser (stiker) ke atas agar memudahkan pemilihan dan pengiriman stiker," demikian keterangan WhatsApp dikutip KompasTekno dari saluran (channel) WhatsApp.

Pantauan KompasTekno, Move to top sudah tersedia untuk WhatsApp di Indonesia. Kami mencoba di aplikasi WhatsApp Android versi 2.24.20.89. Lantas bagaimana cara pakainya? Berikut rinciannya.

Cara geser stiker WhatsApp ke daftar teratas

  1. Klik ikon stiker di kolom teks WhatsApp
  2. Gulir ke bawah hingga menemukan daftar stiker favorit, atau tekan ikon bintang di bawah daftar stiker
  3. Tekan dan tahan (hold) stiker yang ingin digeser ke atas
  4. Klik opsi "Move on top" (Pindahkan ke atas) 

Cara Atur Stiker WhatsApp Favorit Agar Tampil Paling Atas/Lely Maulida Cara Atur Stiker WhatsApp Favorit Agar Tampil Paling Atas

Dengan cara itu, stiker yang terpilih dan sudah digeser, akan berada di daftar teratas bersama stiker yang paling sering dipakai pengguna, bahkan walaupun stiker itu belum pernah dipakai sebelumnya.

Baca juga: WhatsApp Rilis Fitur Baru, Kini Lebih Banyak Koleksi Stiker Animasi

Meski sudah dipindahkan ke daftar teratas, pantauan KompasTekno stiker api yang dijadikan contoh di atas, posisinya bisa tergeser oleh stiker lain yang lebih sering digunakan. 

Artinya, opsi untuk memindahkan stiker ini tidak membuat stiker berada di daftar teratas secara permanen. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat