cpu-data.info

Arti Kata “Humblebrag”, Bahasa Gaul yang Kerap Dipakai di Media Sosial

Ilustrasi media sosial
Lihat Foto

- Bahasa gaul di media sosial (medsos) tak terhitung lagi jumlahnya. Dari sekian banyak bahasa gaul di medsos, salah satunya yang kerap muncul dan dipakai para warganet adalah kata humblebrag.

Humblebrag sebenarnya bukan kata yang baru muncul di medsos. Meski demikian, tak semua pengguna mungkin telah memahami arti humblebrag sebagai bahasa gaul yang kerap muncul di medsos.

Baca juga: 10 Bahasa Gaul Gen Alpha yang Lagi Tren di Medsos, Ada “Rizz”, “Sigma”, “Skibidi”, dll

Dalam hal ini, beberapa pengguna mungkin tertarik buat mengetahui arti humblebrag. Lantas, apa yang dimaksud dengan humblebrag? Jika tertarik untuk mengetahuinya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai arti humblebrag sebagai bahasa gaul di medsos.

Arti humblebrag sebagai bahasa gaul di medsos

Dalam kebiasaan di medsos, kata humblebrag umum dipakai buat mengomentari sifat atau perilaku seseorang. Kata ini kerap dipakai terutama untuk menyebut seseorang yang tengah menyombongkan diri atau menunjukkan kelebihannya dengan cara berbeda.

Lantas, apa arti humblebrag? Dikutip dari kamus bahasa Inggris Merriam Webster, arti humblebrag adalah perilaku membuat pernyataan atau penilaian diri yang tampak sederhana atau rendah hati, yang ditujukan buat menunjukkan pencapaian atau kelebihan.

Baca juga: Arti Kata Memasak atau “Let Him Cook”, Bahasa Gaul yang Ramai Dipakai di Medsos

Secara sederhana, arti humblebrag adalah sikap menyombongkan diri, memamerkan kelebihan, atau menunjukkan pencapaian, tetapi disampaikan dengan rendah hati. Humblebrag bisa dibilang merupakan cara alternatif dalam menyombongkan sesuatu.

Untuk menyombongkan diri, dalam cara yang biasa, seseorang bakal menunjukkan segala pencapaiannya secara langsung. Akan tetapi, jika dalam humblebrag, orang itu akan membuat pernyataan yang terkesan rendah hati dulu, baru menunjukkan pencapaiannya.

Perilaku dalam humblebrag bisa dilihat dari contoh pernyataan berikut ini, “saya tidak jago matematika, ujian matematika selama ini belum pernah mendapat nilai 100, berkali-kali hanya mendapat 90 ke atas”.

Sikap humblebrag jika di Indonesia lekat dengan istilah “merendah untuk meroket”, yang sama-sama bermakna perilaku menyombongkan diri dengan cara menunjukkan kesederhanaan atau kerendahan hati.

Perilaku humblebrag atau “merendah untuk meroket” itu biasanya dipakai untuk menarik perhatian. Pelaku yang melakukan humblebrag biasa disebut dengan humblebragger, sedangkan aktivitasnya adalah humblebragging.

Baca juga: Arti Kata YOLO, Bahasa Gaul “Jadul” yang Sering Dipakai di Medsos hingga Kini

Dengan arti demikian, tak heran jika kata humblebrag dipakai di medsos buat mengomentari perilaku menyombongkan diri yang disampaikan secara tidak langsung. Itulah arti humblebrag sebagai bahasa gaul yang kerap dipakai di medsos, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link #. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat