cpu-data.info

Cara agar Nomor Tidak Dikenal Tak Bisa Chat WhatsApp, Kini Bisa Blokir Otomatis

Cara agar nomor tidak dikenal tidak bisa chat WhatsApp secara otomatis dengan fitur Blokir pesan dari akun tak dikenal.
Lihat Foto

- Pengguna mungkin bakal tertarik buat mengetahui cara agar nomor tidak dikenal tidak bisa chat WhatsApp secara otomatis. Untuk diketahui, WhatsApp atau biasa disingkat WA ajek menggelontorkan fitur untuk menjaga privasi pengguna.

Salah satu fitur baru yang dikeluarkan WhatsApp untuk menjaga privasi adalah fitur yang memungkinkan pengguna buat memblokir otomatis pesan WhatsApp dari nomor tidak dikenal yang dikirim secara beruntun, dalam volume banyak alias spam.

Baca juga: 10 Cara Mengubah Tulisan di WhatsApp Menjadi Aesthetic, Mudah dan Praktis

Dengan fitur tersebut, pengguna sekarang bisa mengatur agar akun tidak menerima pesan dari nomor tidak dikenal secara otomatis. Cara agar nomor tidak menerima pesan WA dari nomor tidak dikenal ini bakal membantu pengguna untuk menjaga privasi dari spam.

Lantas, bagaimana cara agar tidak menerima pesan WA dari nomor tidak dikenal? Jika tertarik buat mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara agar tidak menerima pesan WA dari nomor tidak dikenal.

Cara blokir otomatis chat WA dari nomor tidak dikenal

Cara blokir otomatis chat WA dari nomor tidak dikenal ini pada dasarnya cukup mudah. Pengguna hanya perlu mengakses opsi pengaturan baru di WhatsApp bertajuk “Blokir pesan dari akun tak dikenal”.

Opsi “Blokir pesan dari akun tak dikenal” itu bisa dijumpai pada menu pengaturan privasi WhatsApp. Adapun penjelasan yang lebih detail dalam cara agar nomor tidak dikenal tidak bisa chat WhatsApp adalah sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan atau “Settings” di aplikasi WhatsApp.
  • Setelah itu, pilih menu “Privacy”.
  • Kemudian, pilih opsi “Advanced” atau “Lanjutan”.
  • Terakhir, aktifkan opsi “Block unknown account messages” atau “Blokir pesan dari akun tak dikenal”.

Ilustrasi cara blokir otomatis chat WA dari nomor tidak dikenal./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara blokir otomatis chat WA dari nomor tidak dikenal.

Baca juga: Cara Menggunakan Copilot WhatsApp, Bisa Bikin Gambar, Parafrase, dan Lainnya

Cukup mudah bukan cara agar tidak menerima pesan WA dari nomor tidak dikenal secara otomatis? Untuk diketahui, fitur pemblokiran interaksi dari akun asing atau nomor tidak dikenal sebenarnya sudah cukup lama hadir di WhatsApp.

Dulu, WhatsApp telah menghadirkan blokir telepon otomatis dari nomor tidak dikenal. Sebagian dari Anda mungkin juga sudah mengetahuinya. Kini, tak hanya telepon, pengguna juga bisa memblokir pesan atau chat WA dari nomor tak dikenal secara otomatis.

Akan tetapi, perlu diketahui, kedua fitur pemblokiran interaksi tersebut punya operasi yang berbeda. Jika di telepon atau panggilan, ketika ada telepon masuk dari nomor tidak dikenal, WhatsApp bakal langsung mengheningkannya sehingga tak muncul notifikasi.

Sementara itu, ketika fitur blokir pesan dari nomor tak dikenal diaktifkan, WhatsApp bakal memblokir pesan secara otomatis hanya jika volume pesan yang dikirim tinggi. Selama proses pemblokiran berjalan, kontak lain masih bisa mengirim pesan seperti biasa.

Dikutip dari laman resmi WhatsApp, WhatsApp tidak menjelaskan secara rinci berapa banyak pesan dari nomor tidak dikenal yang membuatnya bisa diblokir otomatis. WhatsApp hanya menjelaskan jika jumlah pesannya tinggi, nomor tidak dikenal bakal diblokir otomatis.

Lebih lanjut, WhatsApp menjelaskan pemblokiran pesan akan berhenti setelah tingkat penerimaan pesan kembali normal. Dari paparan ini, fitur blokir pesan otomatis dari nomor tidak dikenal cenderung ditujukan buat menghalau spam, yang mengganggu pengguna.

Demikianlah penjelasan seputar cara agar nomor tidak dikenal tidak bisa chat WhatsApp secara otomatis. Sebagai informasi tambahan, KompasTekno telah mendapatkan fitur ini di WhatsApp iOS publik versi 2.24.21.82 dan WhatsApp Android beta versi 2.24.21.35.

Baca juga: Cara Login WhatsApp Web di HP buat Bisa Buka 2 Akun WA Berbeda, Mudah

Seandainya belum mendapatkan fitur ini, pengguna bisa bersabar sejenak karena bisa jadi masih digelontorkan secara bertahap. Selain itu, pengguna bisa juga buat update WhatsApp versi terbaru untuk memeriksa apakah telah mendapat fitur ini atau belum.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link #. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat