cpu-data.info

Cara Menentukan Arah Kiblat Online Tanpa Aplikasi Tambahan, Mudah dan Cepat

Cara menentukan arah kiblat online tanpa aplikasi.
Lihat Foto

- Pengguna kiranya perlu mengetahui cara menentukan arah kiblat online tanpa aplikasi. Cara ini bakal berguna ketika pengguna tengah berada di lokasi pelosok atau asing dan tengah ingin menjalankan ibadah salat, tetapi tak mengetahui arah kiblat.

Sebagaimana cukup umum diketahui, dalam menjalankan ibadah salat, umat Islam wajib menghadap ke arah kiblat. Adapun kiblatnya adalah bangunan suci Ka’bah, yang berada di Kota Mekkah, Arab Saudi.

Baca juga: Cara Mengatasi Penyimpanan Google Drive Penuh dengan Cepat, Cukup Sekali Langkah

Jika di masjid atau musala, arah tempat salat akan selalu menghadap ke kiblat. Namun, berbeda cerita jika pengguna berada di lokasi asing atau pedalaman. Pengguna perlu mungkin akan bingung untuk menentukan arah kiblat.

Akan tetapi, pengguna sejatinya tak perlu bingung. Pasalnya, untuk menentukan arah kiblat, saat ini relatif mudah. Bahkan, pengguna bisa memeriksa arah kiblat secara online tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Lantas, bagaimana cara menentukan arah kiblat online tanpa aplikasi tambahan? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara menentukan arah kiblat online tanpa aplikasi.

Cara menentukan arah kiblat online tanpa aplikasi

Cara menentukan arah kiblat online tanpa aplikasi itu pada dasarnya sangat mudah. Pengguna dapat memanfaatkan layanan berbasis web dari Google yang secara khusus punya fitur untuk mencari arah kiblat.

Baca juga: 2 Cara Mencari Titik Koordinat Lokasi di Google Maps dengan Mudah dan Cepat

Adapun nama website itu adalah Qibla Finder. Dengan website ini, pengguna bisa cek arah kiblat secara online tanpa perlu repot-repot menginstal aplikasi tambahan. Website ini dapat menunjukan arah kiblat sesuai lokasi pengguna berada.

Adapun penjelasan yang lebih detail mengenai cara menentukan arah kiblat online tanpa aplikasi dengan Qibla Finder adalah sebagai berikut:

  • Buka website Qibla Finder ini, #, lewat browser HP.
  • Setelah website terbuka, atur bahasa layanan sesuai keinginan.
  • Berikutnya, klik opsi “Let’s go” untuk memulai pemindaian arah kiblat sesuai lokasi pengguna berada.
  • Kemudian, klik opsi “Got it” dan Qibla Finder akan meminta izin untuk mengakses kamera dan fitur Lokasi atau GPS di HP.
  • Berikan izin pada Qibla Finder untuk mengakses kamera dan fitur Lokasi di HP.
  • Setelah itu, arahkan kamera HP pada titik kiblat yang ditampilkan Qibla Finder.
  • Tahan posisi kamera HP pada titik kiblat hingga Qibla Finder selesai memverifikasinya.
  • Pengguna kini berhasil menemukan arah kiblat, sesuai dengan arah kamera HP di Qibla Finder.
  • Selain arah kiblat, Qibla Finder juga akan menampilkan informasi jarak lokasi pengguna dengan kiblat.

Ilustrasi cara menentuan arah kiblat online tanpa aplikasi dengan Qibla Finder./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menentuan arah kiblat online tanpa aplikasi dengan Qibla Finder.

Baca juga: Cara Scan Barcode Lokasi Google Maps Tanpa Aplikasi Tambahan, Mudah

Cukup mudah bukan cara menentukan arah kiblat online dengan Qibla Finder dari Google? Dengan cara di atas, pengguna tak perlu bingung ketika berada di lokasi pelosok dan hendak menjalankan ibadah salat.

Pengguna bisa menemukan arah kiblat untuk salat dengan mudah secara online di HP. Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara menentukan arah kiblat online tanpa aplikasi dengan mudah dan cepat, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link #. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat