cpu-data.info

Apple Fanboy Ternyata Nggak Buru-buru Ganti iPhone Baru

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max kedatangan fitur AI barunya mencakup Writing Tools (menulis ulang email, pesan, dll), perekaman, transkripsi, dan ringkasan audio, ringkasan notifikasi, Pesan Prioritas di Mail, ringkasan email, Siri yang didesain ulang dengan kemampuan pemahaman yang lebih kaya, dan memerintah Siri dengan ketikan. Kemudian, akhir tahun ini dan dalam beberapa bulan berikutnya, serangkaian fitur baru akan diluncurkan - termasuk Image Playground, yang memungkinkan pengguna membuat gambar dan emoji.
Lihat Foto

- iPhone 16 series resmi meluncur pada 9 September 2024. Apple menawarkan beragam fitur baru untuk menarik minat Apple Fanboy, sebutan untuk para pencinta gadget Apple.

Mulai dari kamera yang ditingkatkan, baterai lebih tahan lama, fitur AI, dan lain sebagainya. Namun, kehadiran iPhone generasi baru ini tak serta-merta membuat pengguna auto meng-upgrade iPhone miliknya.

Apple Fanboy, khususnya di Amerika Serikat, kini dilaporkan cenderung tak buru-buru meng-upgrade iPhone lamanya ke generasi baru, bahkan mereka tetap menggunakan perangkat lama mereka lebih lama dari sebelumnya.

Hal ini terungkap dalam laporan terbaru yang dipublikasi oleh lembaga riset pasar asal Amerika Serikat, Consumer Intelligence Research Partners (CIRP).

Laporan ini merinci persentase seberapa lama Apple Fanboy menggunakan iPhone miliknya sebelum akhirnya membeli (upgrade) ke iPhone yang lebih baru pada periode 2019-2024.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Membeli iPhone? Begini Perkiraannya

Dari data tersebut terlihat, persentase Apple Fanboy yang memiliki iPhone selama dua tahun hingga tiga tahun atau lebih tumbuh menjadi 34 persen (naik dari 31 persen di 2020).

Apple Fanboy yang memiliki iPhone selama dua tahun tapi kurang dari 3 tahun juga tumbuh menjadi 33 persen (naik dari 30 persen di 2020).

Sementara, Apple Fanboy yang melakukan upgrade iPhone dalam 1-2 tahun, jumlahnya turun dari 28 persen (2020) menjadi 25 persen (2024).

Dari 2019 hingga 2024, pengguna yang meng-upgrade iPhone setiap tahun juga cenderung terus menurun, hingga tersisa hanya 8 persen pada 2024.

Data persentase seberapa lama Apple Fanboy menggunakan iPhone miliknya sebelum akhirnya membeli (upgrade) ke iPhone yang lebih baru pada periode 2019-2024. Saat ini, pengguna iPhone cenderung lebih lama memakai iPhone miliknya (minimal dua tahun hingga lebih dari tiga tahun), sebelum akhirnya membeli iPhone baru.
CIRP Data persentase seberapa lama Apple Fanboy menggunakan iPhone miliknya sebelum akhirnya membeli (upgrade) ke iPhone yang lebih baru pada periode 2019-2024. Saat ini, pengguna iPhone cenderung lebih lama memakai iPhone miliknya (minimal dua tahun hingga lebih dari tiga tahun), sebelum akhirnya membeli iPhone baru.
Perbandingan data 2019 dan 2024 dari CIRP ini memperlihatkan adanya perubahan dalam perilaku pengguna iPhone dalam keputusan meng-upgrade iPhone miliknya.

Saat ini, pengguna iPhone cenderung lebih lama memakai iPhone miliknya (minimal dua tahun hingga lebih dari tiga tahun), sebelum akhirnya membeli iPhone baru.

Alasan beli iPhone baru

Tak hanya itu, alasan pengguna upgrade iPhone juga cenderung bergeser, dari yang upgrade karena fitur baru menjadi upgrade karena kebutuhan.

Baca juga: iPhone 16 Rilis, Harga iPhone 15 di Indonesia Turun Jadi mulai Rp 14 Jutaan

Secara historis, Apple telah memukau pelanggan dengan fitur-fitur signifikan yang telah menciptakan lonjakan dalam pembaruan iPhone. Dari pengenalan layar Retina hingga penerapan Face ID, fitur-fitur ini telah menggoda pengguna untuk menukar model lama mereka.

Kini, ketika pembeli iPhone baru ditanya mengapa mereka membeli ponsel baru, respons yang paling umum bukan karena ingin mencoba fitur-fitur terbaru. Sekitar 75 persen responden menyebutkan bahwa ponsel lama mereka sudah usang atau perlunya mengganti perangkat yang hilang, rusak, atau dicuri.

Alasan lain adalah karena kinerja iPhone miliknya sudah menurun seperti HP melambat, baterainya rusak, atau memiliki masalah lain.

Hanya sekitar 18 persen pelanggan yang mengatakan bahwa fitur baru adalah alasan utama mereka melakukan upgrade, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Apple Insider, Senin (16/9/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat