cpu-data.info

Jenis-jenis Aplikasi yang Harus Dihapus di HP Android biar Memori Tidak Cepat Penuh

Ilustrasi cara memblokir iklan di HP Android.
Lihat Foto


- Berbagai aplikasi yang terpasang di ponsel Android kita bisa mempengaruhi kinerja dan kapasitas memori perangkat. Seiring berjalannya waktu, aplikasi-aplikasi ini bisa menghabiskan ruang penyimpanan yang signifikan, terutama jika tidak dikelola dengan baik.

Untuk memastikan ponsel Anda tetap optimal dan memori tidak cepat penuh, penting untuk secara rutin menilai dan menghapus aplikasi yang tidak diperlukan. Dengan mengidentifikasi aplikasi-aplikasi yang membebani memori, Anda dapat menjaga ponsel tetap lancar dan bebas dari gangguan yang disebabkan oleh kekurangan ruang penyimpanan.

Lantas jenis-jenis aplikasi apa saja yang harus dihapus di HP Android untuk mengurangi penyimpanan? Selengkapnya berikut ini KompasTekno menguraikannya.

Baca juga: 3 Trik Mudah Bikin Baterai HP Android Hemat biar Tidak Sering Ngecas

Aplikasi Bloatware yang sudah terinstal

Salah satu hal yang paling dibenci oleh semua pengguna Android adalah bloatware. Meskipun beberapa aplikasi yang sudah terinstal mungkin berguna, Anda sebaiknya menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak pernah Anda gunakan.

Perlu diingat bahwa setiap skin Android memiliki jumlah bloatware yang berbeda-beda; beberapa lebih ringan seperti OxygenOS dari OnePlus dan Pixel UI dari Google, sementara yang lainnya lebih berat seperti One UI dari Samsung dan MIUI dari Xiaomi.

Selain itu, perlu diketahui bahwa beberapa aplikasi bawaan Android tidak dapat dihapus karena merupakan bagian integral dari skin Android tersebut.

Aplikasi peningkat performa

Aplikasi peningkat performa seperti pembersih RAM, penghemat baterai, dan pengoptimal game sebenarnya mengurangi kegunaan perangkat Anda dan lebih banyak merugikan daripada menguntungkan.

Aplikasi pembersih RAM tidak diperlukan karena banyak proses yang mereka hentikan justru akan secara otomatis dimulai kembali, karena proses tersebut penting untuk fungsi normal ponsel Anda.

Selain itu, saat Anda membuka aplikasi yang ditutup secara paksa, waktu pemuatannya akan lebih lama daripada jika Anda membiarkannya berjalan.

Aplikasi duplikat yang memiliki fungsi sama

Tidak jarang seseorang memiliki lebih dari satu aplikasi di ponselnya yang menjalankan fungsi yang sama. Ini bisa mencakup jenis aplikasi berikut:

  • Peramban web
  • Aplikasi pencatat
  • Aplikasi pencadangan data
  • Aplikasi pesan

Dalam beberapa kasus, dua aplikasi dengan fungsi yang sama mungkin menawarkan fitur yang sangat berbeda, sehingga masuk akal untuk menyimpan keduanya. Namun, jika salah satu aplikasi jelas lebih baik, sebaiknya hapus yang kurang bermanfaat.

Aplikasi game yang sudah lama tidak dimainkan

Aplikasi game yang sudah lama tidak dimainkan sebaiknya dihapus karena dapat membebani memori ponsel tanpa alasan yang jelas. Game-game ini biasanya memakan ruang penyimpanan yang cukup besar, terutama jika memiliki update atau data tambahan.

Dengan menghapus game yang tidak lagi dimainkan, Anda bisa membebaskan ruang penyimpanan yang bisa digunakan untuk hal-hal lain, seperti mengunduh aplikasi atau game baru, menyimpan foto, atau memperbarui aplikasi penting.

Aplikasi yang sudah tidak lagi digunakan

Aplikasi-aplikasi yang mungkin sudah tidak lagi digunakan lagi sebaiknya dihapus agar tidak memenuhi penyimpanan ponsel Anda. Misalnya saja aplikasi-aplikasi meditasi atau kebugaran yang sudah tidak digunakan lagi.

Baca juga: Kenapa WiFi Tidak Bisa Terhubung di HP Android dan iPhone? Begini Cara Mengatasinya

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat