cpu-data.info

Kenapa WiFi Tidak Bisa Terhubung di HP Android dan iPhone? Begini Cara Mengatasinya

Cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi kita.
Lihat Foto


- Mengalami masalah saat mencoba menghubungkan WiFi di ponsel Android atau iPhone bisa sangat menjengkelkan, terutama ketika Anda membutuhkan koneksi internet yang stabil.

Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari pengaturan jaringan yang salah, sinyal yang lemah, hingga masalah pada perangkat lunak ponsel. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab utama dari masalah ini agar bisa menemukan solusi yang tepat.

Adapun salah satu cara mengatasinya dapat dilakukan dengan memeriksa pengaturan jaringan hingga melakukan reset pada perangkat. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Selengkapnya berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan saat WiFi tidak bisa terhubung di HP Android atau iPhone.

Baca juga: 2 Cara Mengetahui Siapa Saja yang Menggunakan WiFi Kita, Mudah dan Cepat

Cek pengaturan ponsel Anda

Cara pertama yang paling mudah adalah mengecek pengaturan ponsel Anda. Jika ponsel Anda tidak bisa terhubung ke Wi-Fi, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa pengaturan dasar. Pastikan Wi-Fi di perangkat Anda sudah diaktifkan.

Selain itu, periksa apakah mode Pesawat tidak sedang aktif, karena mode ini akan mencegah perangkat Anda terhubung ke internet. Jika pengaturan dasar sudah benar, langkah selanjutnya adalah memastikan Anda terhubung ke router yang benar.

Reset pengaturan jaringan

Mereset pengaturan jaringan dapat membantu mengatasi masalah Wi-Fi yang tidak dapat terhubung ke ponsel. Saat Anda mereset pengaturan jaringan, semua konfigurasi jaringan yang ada, termasuk Wi-Fi, data seluler, dan Bluetooth, akan dikembalikan ke pengaturan default.

Ini bisa membantu mengatasi masalah yang disebabkan oleh konfigurasi yang salah atau konflik pengaturan. Beirkut ini cara reset pengaturan jaringan di iPhone.

  • Buka”Settings”
  • Pilih “General”
  • Pilih “Reset Network Settings”
  • Masukkan kode sandi iPhone jika diminta
  • Setelah restart, buka pengaturan dan sambungkan ke WiFi kembali

Matikan Bluetooth untuk sementara

Bluetooth kadang bisa mengganggu koneksi Wi-Fi, terutama karena keduanya menggunakan frekuensi radio 2,4GHz untuk mengirimkan sinyal.

Akibatnya, saat Bluetooth aktif, Anda mungkin mengalami gangguan pada jaringan Wi-Fi. Dalam beberapa kasus, Bluetooth bisa membuat koneksi internet terputus sama sekali, sementara pada kasus lain, kecepatan internet bisa menjadi sangat lambat.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mencoba mematikan Bluetooth saat tidak digunakan atau beralih ke jaringan Wi-Fi yang menggunakan frekuensi 5GHz, yang tidak terganggu oleh sinyal Bluetooth.

Nyalakan ulang router dan perangkat Anda

Melakukan restart adalah cara sederhana yang sering bisa memperbaiki banyak masalah teknologi. Mulailah dengan mematikan router Anda: cabut dari stopkontak dan tunggu beberapa menit. Setelah itu, colokkan kembali dan tunggu satu atau dua menit sampai router siap digunakan. Sambil menunggu, restart juga ponsel, tablet, laptop, atau perangkat lain yang Anda gunakan.

Beralih ke mode pesawat

Jika Anda melihat ikon Wi-Fi berwarna abu-abu di pengaturan iPhone atau ponsel Android, kemungkinan besar Mode Pesawat sedang aktif. Cukup buka pengaturan cepat di perangkat Anda dan matikan Mode Pesawat.

Jika Mode Pesawat tidak aktif, cobalah mengaktifkannya sebentar, lalu matikan lagi. Setelah itu, cek apakah koneksi Wi-Fi Anda sudah kembali normal.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi WiFi tidak bisa terhubung di HP Android atau iPhone. Selamat mencoba.

Baca juga: 10 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Rumah

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat