cpu-data.info

Game Legendaris Flappy Bird Akan Kembali Setelah 10 Tahun Menghilang

Ilustrasi Game Flappy Bird
Lihat Foto

- Masih ingat dengan Flappy Bird? Game mobile legendaris dengan karakter utama berupa burung kuning ini sempat sangat digandrungi pengguna gadget. Pemainnya bisa menghabiskan banyak waktu demi mendapat skor setinggi mungkin.

Popularitas Flappy Bird hanya berlangsung singkat pada awal 2014. Sebab, meskipun mendapat banyak uang dari game tersebut, penciptanya, Dong Nguyen asal Vietnam, merasa bersalah karena membuat banyak orang jadi kecanduan bermain. Dia memutuskan utnuk menarik Flappy Bird dari toko-toko aplikasi.

Baca juga: Alasan Penarikan "Flappy Bird" Akhirnya Terkuak

Kini, setelah menghilang lebih dari satu dekade lamanya, Flappy Bird bakal kembali lewat Flappy Bird Foundation, sebuah kelompok yang menyebut diri sebagai "para fans yang berkomitmen membagikan game itu kepada dunia."

"Kami senang sekali bakal mengembalikan Flappy Bird dan memberikan pengalaman baru yang akan menarik perhatian para pemain selama bertahun-tahun. Kami punya rencana besar untuk si burung kecil!" ujar Michael Roberts, kepala bidang kreatif di balik calon game Flappy Bird baru, dalam sebuah rilis pers.

Game Flappy Bird baru kabarnya memang akan berbeda dari game originalnya yang hanya menyajikan mekanisme permainan sederhana dengan cara tapping untuk menjaga karakter burung tetap melompat dan melaju (side-scrolling) tanpa terbentur pipa.

Sebaliknya, game Flappy Bird baru bakal menyajikan aneka mode permainan berbeda, skin untuk karakter, mekanisme progression, dan juga bisa dimainkan lebih dari satu orang sekaligus alias multiplayer.

Ilustrasi Game Flappy Bird yang baruFlappy Bird Foundation Ilustrasi Game Flappy Bird yang baru

Flappy Bird Foundation sudah resmi mendapatkan hak cipta atas game Flappy Bird, berikut hak atas game dan karakter di game Piou Piou vs Cactus keluaran 2011 yang disebut menjadi sumber inspirasi Nguyen ketika menciptakan Flappy Bird.

Rencananya, Flappy Bird Foundation akan merilis game Flappy Bird baru di platform Android dan iOS pada 2025 mendatang, tapi belum ada tanggal pastinya. Untuk tahap awal game tersebut bakal hanya bisa dimainkan lewat Telegram.

Baca juga: Kronologi Flappy Bird, dari Kelahiran hingga Kematian

Game Flappy Bird original sendiri pertama kali dirilis pada 2013, lalu popularitasnya meledak pada tahun berikutnya. Pada Januari 2024, Flappy Bird menjadi game paling banyak diunduh di Apple App Store dengan lebih dari 50 juta download.

Namun, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Minggu (15/9/2024), hanya sebulan setelahnya, pada Februari 2014, Dong Nguyen memutuskan untuk mencabut Flappy Bird dari peredaran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat