cpu-data.info

Bukan WiFi, Smartphone Atlet Cabor E-sport Pakai LAN untuk Kompetisi PON XXI

Seorang atlet cabor e-sports menggunakan smartphone yang tersambung dengan jaringan LAN saat berkompetisi di PON XXI di Medan, Sabtu (14/9/2024).
Lihat Foto

MEDAN, - Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) melakukan berbagai persiapan supaya acara Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara untuk cabang olahraga (cabor) e-sports berjalan dengan lancar.

Salah satunya adalah menggunakan jaringan lokal (Local Area Network/LAN) yang sudah dibuat sedemikian rupa di venue PON XXI 2024 cabor e-sports, yaitu di Medan International Convention Center (MICC), Kota Medan, Sumatera Utara. 

Technical Delegate Esports untuk PON XXI 2024, Stanley Tjia mengatakan penggunaan koneksi LAN ini untuk menghindari adanya hambatan ketika para atlet e-sports bermain di atas panggung.

Baca juga: Menpora: Jadikan PON XXI sebagai Batu Loncatan ke Ajang Olimpiade Esports 2025

"Kalau saya tidak salah, ini pertama kalinya kami secara nasional mengadakan pertandingan yang pakai puluhan smartphone secara bersamaan dengan koneksi LAN, tidak pakai WiFi atau koneksi wireless," ujar Stanley kepada awak media, Jumat (13/9/2024). 

"Supaya bisa tersambung dengan jaringan LAN yang sudah tersedia, smartphone para atlet nantinya akan dihubungkan dengan USB dongle yang tentunya bisa dicolokkan dengan kabel LAN, sehingga koneksi kabel ini memungkinkan tidak adanya putus koneksi ketika bermain," imbuh Stanley.

Technical Delegate Esports, Stanley Tjia dalam Press Briefing PON XXI 2024 Aceh - Sumatera Utara di MICC, Medan, Sumatera Utara, Jumat (13/9/2024)./BILL CLINTEN Technical Delegate Esports, Stanley Tjia dalam Press Briefing PON XXI 2024 Aceh - Sumatera Utara di MICC, Medan, Sumatera Utara, Jumat (13/9/2024).

Stanley melanjutkan, apabila koneksi LAN terputus, maka akan ada sistem auto switch yang akan mengalihkan koneksi smartphone para atlet ke koneksi internet yang tersedia. 

Menurut Stanley, ada tiga penyedia internet (Internet Service Provider/ISP) yang telah disiapkan PBESI untuk gelaran PON XXI 2024 cabor e-sports

"Kalau terjadi ada putus koneksi LAN, nanti akan di-backup oleh ISP yang tersedia. Jika ISP tersebut mati juga, maka ISP lain akan siap mem-backup, begitu seterusnya. Ini memastikan supaya putus koneksi ini bisa diselesaikan dengan cepat," ungkap Stanley.

Penggunaan jaringan LAN ini bukan lah hal baru dan memang wajar digunakan kompetisi e-sport internasional.

"Koneksi LAN di PON XXI 2024 cabor e-sports iniseperti teknologi yang dipakai di cabor e-sports SEA Games 2023 kemarin, LAN-nya itu di-convert ke USB, jadi tidak terjadi diskoneksi ketika atlet berkompetisi," jelas Stanley.

Baca juga: Format, Jadwal, dan Link Live Streaming Pertandingan Free Fire di PON XXI

Selain koneksi LAN dan ISP, PBESI juga sudah menyiapkan berbagai hal supaya gelaran PON XXI 2024 cabor e-sports berjalan dengan mulus.

Beberapa di antaranya seperti mengoptimalkan alat-alat yang bisa dipakai untuk kepentingan broadcasting, mempersiapkan berbagai sistem teknis untuk kesiapan pertandingan, menyediakan wasit bersertifikat, hingga menyiapkan genset untuk cadangan listrik selama pertandingan berlangsung. 

Berbagai persiapan ini ternyata mendapatkan apresiasi dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo.

Dalam acara pembukaan PON XXI 2024 Aceh - Sumatera Utara untuk cabor e-sports pada Jumat (13/9/2024) kemarin, Dito memuji tempat dan persiapan yang telah dilakukan oleh PBESI selama ini.

"Jujur, venue untuk cabor e-sports ini merupakan venue overlay terbaik dibanding venue PON XXI 2024 Aceh - Sumatera Utara lainnya," kata Dito di atas panggung acara pembukaan PON XXI 2024 untuk cabor e-sports.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat