cpu-data.info

Cabor E-sports Resmi Dipertandingkan di PON XXI, Dibuka Hari Ini

Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh Sumatera Utara (Sumut) untuk cabang olahraga (cabor) e-sports di Medan International Convention Center, Jumat (13/9/2024).
Lihat Foto

MEDAN, - Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh Sumatera Utara (Sumut) untuk cabang olahraga (cabor) e-sports dimulai hari ini, Jumat (13/9/2024).

Ajang PON XXI cabor e-sports akan berlangsung selama tujuh hari, yaitu pada 13-19 September 2024 di Medan International Convention Center (MICC), Medan, Sumut.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo mengatakan kehadiran cabor e-sports di PON XXI Aceh Sumut merupakan tonggak sejarah Indonesia.

"Ini perdana e-sports jadi cabor olahraga di PON, sebab di PON sebelumnya, yaitu di PON XX Papua, e-sports masih sebatas eksibisi saja. Kalau sekarang sudah resmi dipertandingkan," kata Dito di acara pembukaan PON XXI 2024 Aceh Sumut untuk cabor e-sports.

Baca juga: 6 Pro Player Ikuti PON XXI Cabor Free Fire, Ini Daftar Lengkapnya

"Adanya cabor e-sports di PON sekarang saya rasa momentum yang pas, karena selain memang sedang berkembang, lewat ajang ini, kami juga ingin menggali potensi atlet e-sports Indonesia yang mampu untuk bertanding di level internasional selanjutnya, seperti Olympic Esports (2025)," imbuh Dito.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh Sumatera Utara (Sumut) untuk cabang olahraga (cabor) e-sports di Medan International Convention Center, Jumat (13/9/2024)./Bill Clinten. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh Sumatera Utara (Sumut) untuk cabang olahraga (cabor) e-sports di Medan International Convention Center, Jumat (13/9/2024).

Hal serupa disampaikan Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Bambang Sunarwibowo. Menurut dia, cabor e-sports di PON terwujud berkat adanya berbagai dukungan.

"Masuknya cabor e-sports ke PON ini berkat prestasi yang ditorehkan banyak pemain e-sports untuk Indonesia, serta dukungan KONI dan tentunya juga Menpora," ungkap Bambang.

Baca juga: 7 Game Cabor E-sports di PON XXI 2024 Aceh-Sumut, Ada 2 yang Baru

"Saya ucapkan selamat berkompetisi,l para kontingen dan atlet, mari junjung sportivitas di PON kali ini, dan tak lupa, bersatu kita juara," pungkas Bambang.

Nomor pertandingan e-sports di PON XXI 2024

Ajang PON XXI 2024 Aceh Sumut cabor e-sports akan mempertandingkan lima game utama, yaitu Mobile Legends: Bang-Bang (MLBB), Free Fire, PUBG Mobile, Lokapala, dan eFootball, serta dua game eksibisi, yaitu Honor of Kings dan Battle of Guardians.

Perhelatan ini akan diikuti oleh 260 atlet e-sports dari 52 kontingen untuk nomor pertandingan game utama, serta 48 atlet dari 16 kontingen untuk nomor pertandingan game eksibisi.

Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Bambang Sunarwibowo dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh Sumatera Utara (Sumut) untuk cabang olahraga (cabor) e-sports di Medan International Convention Center, Jumat (13/9/2024)./Bill Clinten. Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Bambang Sunarwibowo dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh Sumatera Utara (Sumut) untuk cabang olahraga (cabor) e-sports di Medan International Convention Center, Jumat (13/9/2024).

Seluruh pertandingan cabor e-sports di ajang PON XXI 2024 Aceh Sumut bisa disaksikan di kanal YouTube PBESI, atau secara langsung di MICC.

Penggemar yang datang langsung bisa ikut serta menonton di dalam venue MICC secara gratis dengan melakukan pendaftaran di tempat.

Adapun jadwal PON XXI 2024 Aceh Sumut untuk cabor e-sports secara garis besar adalah sebagai berikut:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat