cpu-data.info

AI Google Gemini Live Kini Gratis untuk Semua Pengguna Android

Ilustrasi Gemini Live
Lihat Foto

- Google memperluas ketersediaan AI Gemini Live ke semua pengguna Android secara gratis.

Gemini Live menawarkan pengalaman ngobrol bebas dengan chatbot Gemini ke pengguna. Sederhananya, Gemini Live semacam Google Assistant yang didukung kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), di mana pengguna bisa memberikan aneka perintah atau mengajukan pertanyaan lewat suara ke chatbot Gemini.

Gemini Live yang diumumkan dalam acara Google I/O Mei 2024 lalu, dirilis perdana pada Agustus 2024, bersamaan dengan peluncuran ponsel Pixel 9 series.

Namun saat itu ketersediaannya baru terbatas untuk pengguna Gemini Advanced, yaitu versi chatbot Gemini paling canggih saat ini dan berbayar di Android.

Baca juga: 7 Fitur AI di Google Pixel 9 Series, Gemini Live Salah Satunya

Nah, sekarang Gemini Live bisa dicoba oleh pengguna Android secara gratis. Artinya, pengguna yang tidak berlangganan Gemini Advance juga bisa menjalankan kebolehan atau mengobrol dengan Gemini Live.

"Kami mulai meluncurkan Gemini Live dalam bahasa Inggris ke lebih banyak orang yang memakai aplikasi Android secara gratis," kata Google mengumumkan perluasan Gemini Live di X dengan handle akun @GeminiApp.

Chatbot Gemini sendiri bisa diakses pengguna dari aplikasi Gemini di perangkat Android. Walaupun fungsinya mirip-mirip dengan Google Assistant, Gemini tidak lantas dilebur menjadi Assistant sepenuhnya.

Pengguna masih bisa menentukan preferensinya dengan memilih Assistant atau Gemini sebagai asisten digitalnya di perangkat Android.

Kembali ke Gemini Live, fitur ini bisa diakses lewat ikon garis tiga dengan bintang di atasnya. Ikon ini berada di pojok kanan bawah aplikasi Gemini, sejajar dengan ikon mikrofon dan kamera.

Ketika ikon Gemini Live ditekan, aplikasi akan mengaktifkan mikrofon, sehingga pengguna bisa mengajukan pertanyaan atau mengobrol dengan chatbot Gemini.

Pantauan KompasTekno saat artikel ini ditulis, ikon Gemini Live belum muncul di aplikasi Gemini di Indonesia. Boleh jadi ketersediaannya bertahap seperti perbaruan fitur pada berbagai aplikasi. Kita tunggu saja.

Lebih luwes dari Assistant

Salah satu perbedaan Gemini Live dengan Google Assistant yaitu bahwa Gemini Live lebih luwes ketika diajak mengobrol. Pengguna bahkan bisa menyela respons Gemini bila ingin mengajukan penjelasan lebih lanjut, atau menjeda obrolan dan melanjutkannya lagi di lain waktu.

Pengalaman tersebut diklaim membuat Gemini Live akan terasa seperti pengguna memiliki teman dekat di saku.

Baca juga: Mengenal Gemini AI Google yang Mirip ChatGPT dan Cara Menggunakannya

Google juga melengkapi Gemini Live dengan 10 versi suara yang berbeda. Pengguna bisa memilih versi manapun yang diinginkan kemudian menggantinya dengan versi lain di lain waktu.

Karena terintegrasi dengan aneka produk Google, tugas yang bisa dijalankan Gemini Live juga akan terasa interaktif. Contohnya, pengguna bisa meminta membuatkan gambar ilustrasi ke Gemini, kemudian memilih gambar yang diinginkan dan menyeretnya (drag) langsung ke Gmail.

Ilustrasi integrasi Gemini dengan Gmail, pengguna bisa memerintahkan Gemini untuk membuat gambar dan gambar yang disukai bisa diseret (drag) ke GmailGoogle Ilustrasi integrasi Gemini dengan Gmail, pengguna bisa memerintahkan Gemini untuk membuat gambar dan gambar yang disukai bisa diseret (drag) ke Gmail

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat