cpu-data.info

Menpora: Jadikan PON XXI sebagai Batu Loncatan ke Ajang Olimpiade Esports 2025

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo dalam acara pembukaan PON XXI 2024 Aceh Sumut untuk cabor e-sports di MICC Medan, Sumatera Utara pada Jumat (13/9/2024).
Lihat Foto

MEDAN, - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo mengatakan cabang olahraga (cabor) e-sports di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) akan menjadi batu loncatan bagi para atlet untuk bersaing di kompetisi internasional.

Hal ini disampaikan Dito dalam acara pembukaan PON XXI cabor e-sports yang digelar di Medan International Convention Center, Medan, Sumatera Utara pada Jumat (13/9/2024) malam. 

Menurut dia, para atlet yang bertanding di PON XXI cabor e-sports harus memiliki pemikiran (mindset) kuat dan pantang menyerah dalam pertandingan-pertandingan yang akan mereka jalani. 

"Atlet-atlet harus menanamkan pemikiran bahwa ini adalah PON terakhir, dan selanjutnya mereka akan bertanding di Olimpiade Esports 2025," ujar Dito kepada para tamu undangan.

"Di PON berikutnya, mereka boleh bermain lagi untuk mewakili daerahnya masing-masing, namun untuk sekarang, mereka harus memiliki target setinggi-tingginya supaya bisa semangat, hingga bertanding di Olimpiade Esports," imbuh Dito.

Baca juga: Olimpiade Game E-sports Pertama Digelar di Arab Saudi Tahun Depan

Dito melanjutkan, penanaman mental juara pada para atlet ini penting. Sebab, e-sports kini sudah menjadi cabor resmi untuk pertama kalinya di gelaran PON XXI 2024, tidak seperti PON XX Papua 2021 lalu yang masih selevel ekshibisi. 

Selain itu, banyak juga pemain profesional Indonesia yang sudah mendapatkan banyak gelar juara di kompetisi e-sports. Salah satunya adalah seorang atlet yang baru saja mendapatkan gelar juara dunia untuk game Football Manager 2024 beberapa pekan lalu.

Karena sudah jadi cabor resmi dan banyak meraih prestasi, maka tak aneh jika Dito berharap timnas Indonesia akan bersinar juga di ajang Olimpiade Esports 2025, meski judul game yang akan dipertandingkan belum diketahui secara pasti. 

"Ini merupakan momentum bagi e-sports Indonesia, sebab Olimpiade Esports 2025 akan digelar setelah PON XXI 2024," jelas Dito.

"Ini juga akan menjadi pekerjaan rumah Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) agar bisa menyiapkan segalanya, salah satunya menyiapkan kontingen timnas khusus untuk e-sports untuk bertanding di Olimpiade khusus e-sports," pungkas Dito. 

Tentang PON XXI 2024 cabor e-sports

Ajang PON XXI 2024 Aceh Sumut cabor e-sports akan mempertandingkan lima game utama, yaitu Mobile Legends: Bang-Bang (MLBB), Free Fire, PUBG Mobile, Lokapala, dan eFootball, serta dua game ekshibisi yaitu Honor of Kings dan Battle of Guardians.

Perhelatan ini akan diikuti oleh 260 atlet e-sports dari 52 kontingen untuk nomor pertandingan game utama, serta 48 atlet dari 16 kontingen untuk nomor pertandingan game ekshibisi.

Seluruh pertandingan cabor e-sports di ajang PON XXI 2024 Aceh Sumut bisa disaksikan di kanal YouTube PBESI, atau secara langsung di MICC.

Penggemar yang datang langsung bisa ikut serta menonton di dalam venue MICC secara gratis dengan melakukan pendaftaran di tempat. 

Baca juga: Format, Jadwal, dan Link Live Streaming Pertandingan Free Fire di PON XXI

Adapun jadwal PON XXI 2024 Aceh Sumut untuk cabor e-sports secara garis besar adalah sebagai berikut: 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat