cpu-data.info

Google Chrome Diperbarui, Ada Fitur Lens yang Mirip Circle to Search

Fitur baru Google Chrome
Lihat Foto

- Raksasa teknologi Google telah mengumumkan tiga fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) baru untuk peramban (browser) Google Chrome, Kamis (1/8/2024) waktu setempat.

Fitur ini dibagi menjadi Google Lens yang lebih canggih, perbandingan produk yang ingin dibeli dalam satu jendela (tab), dan riwayat pencarian yang lebih pintar. Ketiga fitur anyar ini ditenagai oleh Google AI dan model bahasa besar (large language model/LLM) Gemini terbaru.

Google memboyong fitur Google Lens yang ada di platform mobile ke komputer alias desktop. Menariknya, Google Lens di Chrome ini memiliki fungsi mirip seperti Circle to Search yang ada di smartphone Android.

Baca juga: Cara Pakai Circle to Search di Samsung Galaxy S24, Googling Cepat Tanpa Perlu Buka Browser

Google Lens sendiri merupakan teknologi pengenalan gambar yang memungkinkan pengguna mencari informasi berdasarkan gambar yang dipotret, diunggah, dan yang ditemukan saat browsing.

Fitur Google Lens teranyar ini memungkinkan pengguna untuk memilih, melakukan penelusuran (search), dan memberi pertanyaan terkait apa pun yang dilihat pengguna di web, tanpa harus meninggalkan tab browser.

Mekanismenya, pengguna mengakses tombol Google Lens yang menyerupai ikon kamera, di kanan "Address Bar" browser, alias kolom untuk menuliskan alamat tautan atau URL situs.

Alternatifnya, pengguna juga bisa membuka Google Lens dengan cara klik kanan mouse atau mengeklik ikon burger line (tiga titik) di kanan browser.

Untuk melakukan penelusuran, pengguna bisa menarik (drag) tombol Google Lens tadi ke konten web yang ingin dicari tahu, baik konten teks atau gambar.

Untuk teks, pengguna dapat menarik Google Lens ke arah teks dalam video, misalnya rumus matematika dalam video edukasi YouTube. Pengguna pun akan mendapatkan informasi seputar rumus matematika itu.

Untuk gambar, pengguna bisa memilih objek tertentu dari gambar yang dicari.

Fitur Google Lens teranyar ini memungkinkan pengguna untuk memilih, melakukan penelusuran (search), dan memberi pertanyaan terkait apa pun yang dilihat pengguna di web, tanpa harus meninggalkan tab browser.Blog Google Fitur Google Lens teranyar ini memungkinkan pengguna untuk memilih, melakukan penelusuran (search), dan memberi pertanyaan terkait apa pun yang dilihat pengguna di web, tanpa harus meninggalkan tab browser.
Contohnya dalam foto orang yang memegang koper, pengguna dapat menarik tombol Google Lens ke arah koper untuk mencari merek koper yang digunakan, sehingga mirip seperti fitur Circle to Search.

Circle to Search adalah fitur yang memungkinkan pengguna ponsel Android untuk "googling" dengan instan.

Dengan fitur ini, pengguna bisa melakukan gestur menekan dan melingkari untuk mencari apa yang ada di layar ponsel tanpa berpindah aplikasi, misalnya mencari baju yang dipakai model. Pengguna juga tidak perlu mengetikkan kueri atau keyword di Google Search.

Baca juga: Fitur Circle to Search Akan Hadir di PC, Bisa Googling Tanpa Ngetik Kueri

Kembali membahas Google Lens di desktop, setelah menarik tombol Google Lens ke gambar atau teks, pengguna akan melihat panel di bagian kanan browser (side panel), yang menampilkan informasi teks atau gambar yang dicari.

Google Lens di desktop juga mendukung Multisearch, yang menggabungkan input teks dan gambar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat