cpu-data.info

Seperangkat Barang Peninggalan Steve Jobs Dilelang, Ada Jaket Bomber dan Foto Bersejarah

Aneka benda bersejarah peninggalan pendiri Apple, Steve Jobs dilelang
Lihat Foto

- Berbagai benda peninggalan salah satu pendiri Apple, Steve Jobs, dilelang di rumah lelang RR Auction, Inggris.

Tidak hanya benda peninggalan Jobs, dari lelang yang digelar sebagai rangkaian dari acara "Steve Jobs dan Revolusi Apple" ini, para kolektor berkesempatan mendapatkan benda bersejarah dari Apple.

Oleh karena itu, lelang kali ini terbilang lengkap, mulai dari komputer Apple-1, iPhone generasi pertama dengan penyimpanan 4 GB, polaroid Apple-1, jaket bomber pribadi Jobs, dan lain sebagainya.

Lebih spesifik, komputer Apple-1 yang dilelang itu berasal dari mantan karyawan Apple, Dana Redington. Komputer itu juga masih berfungsi.

Baca juga: Pendapatan Apple Naik Jadi Rp 1.300 Triliun walau Penjualan iPhone Turun

Sebenarnya, komputer itu tidak dipakai lagi, karena Apple menawarkan program tukar tambah ke Apple II. Namun Redington lebih tertarik dengan Apple versi lawas, hingga akhirnya perangkat itu diberikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak pada awal tahun 1978, bertepatan saat tim Apple hendak pindah ke gedung baru.

Pantauan KompasTekno dari situs RR Auction, Apple-1 saat artikel ini ditulis, sudah ditawar seharga 117.900 dollar AS (sekitar Rp 1,9 miliar) dengan estimasi penawaran sampai 300.000 dollar AS (sekitar Rp 4,8 miliar).

Kemudian ada jaket bomber milik Jobs yang dipakainya dalam foto ikonik tahun 1983. Jaket berkelir coklat itu terhitung populer karena Jobs mengenakan jaket tersebut saat mengacungkan jari tengah ke papan nama IBM di New York City.

Jaket bomber Steve Jobs dilelang di RR AuctionTime Now News Jaket bomber Steve Jobs dilelang di RR Auction

Menurut RR Auction, kondisi benda peninggalan pendiri Apple ini memang tidak sempurna, melainkan hanya aus secara alami. Jaket dengan bulu domba ini sudah ditawar seharga 10.000 dollar AS (sekitar Rp 162 juta).

Selanjutnya yaitu iPhone generasi pertama 4 GB. Ponsel ini dijual lengkap dengan kotak kemasannya. Rumah lelang memperkirakan ponsel langka ini akan terjual seharga 80.000 dollar AS (sekitar Rp 1,2 miliar).

Baca juga: AI Apple Intelligence Ternyata Dilatih dengan Chip Bikinan Google

Yang tak kalah menarik, terdapat foto polaroid yang menampilkan beberapa gambar Apple-1. Pada tahun 1976, foto-foto ini dipakai Steve Jobs untuk menawarkan Apple-1 ke Paul Terrell, pemilik toko ritel Byte Shop di Mountain View, California, Amerika Serikat.

Lewat toko ini pula Apple-1 terjual hingga memberikan modal bagi Steve Jobs untuk memproduksinya lebih lanjut.

Selain beberapa benda tersebut, masih ada banyak benda bersejarah lainnya yang dilelang. Beberapa di antaranya yaitu cek Apple Conputer yang ditandatangani Steve Jobs, kartu nama Steve Jobs, buku tahunan pendiri Apple tersebut saat SMA tahun 1972, beberapa Apple Mac lawas dan lain sebagainya, dilansir KompasTekno dari MacRumors, Senin (5/8/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat