cpu-data.info

Apple Tarik Iklan di Thailand Setelah Diprotes Keras

Iklan Apple The Underdogs: Out of Office yang dihapus Apple karena dikritik warga Thailand.
Lihat Foto

- Apple menghapus iklan terbarunya yang tayang di berbagai platform digital. Iklan tersebut, yang berjudul "The Underdogs: OOO (Out of Office)" itu mengambil lokasi di Thailand. Iklan ini ditarik Apple karena banyaknya kritik dan hujatan dari warga setempat. 

Sejumlah penegak hukum, masyarakat, hingga kreator konten di Thailand menyebut bahwa iklan Apple dengan format film pendek berdurasi sekitar 10 menit itu menghina Thailand dan dianggap kuno lantaran tidak menggambarkan situasi dan kondisi saat ini.

Lantas, apa yang sebenarnya digambarkan dalam iklan Apple ini sampai-sampai warga Thailand mengamuk dan Apple tunduk dengan cara menarik iklan tersebut dari peredaran?

Bangkok digambarkan kumuh

The Underdogs adalah serial komedi Apple yang menggambarkan sejumlah rekan kerja menyelesaikan pekerjaan dan misi mereka menggunakan produk, fitur, serta perangkat yang terhubung dengan ekosistem Apple.

Baca juga: Kontroversi Iklan Apple, Singgung Desain HP Android

Nah, The Underdogs: OOO (Out of Office) ini merupakan episode kelima dari seri The Underdogs, dan kali ini kelompok karyawan tersebut memiliki tugas bisnis untuk mencari pabrik baru di Thailand.

Hotel di Bangkok, Thailand yang digambarkan sebagai hotel kumuh di iklan The Underdogs: OOO.Apple Hotel di Bangkok, Thailand yang digambarkan sebagai hotel kumuh di iklan The Underdogs: OOO.

Kota yang digunakan sebagai tempat adalah Bangkok dan wilayah pesisir Rayong. Bangkok digunakan di bagian pertama iklan, dan kota ini juga dipakai sebagai tempat persinggahan pertama para The Underdogs.

Dalam iklan, Bangkok digambarkan sebagai kota kumuh yang penuh dengan orang. Bahkan, hotel yang disambangi para karyawan di iklan digambarkan sebagai hotel kuno yang tidak memiliki pendingin ruangan (AC), memiliki kamar mandi kotor, dan lain sebagainya. 

Untuk bepergian, para karyawan ini menggunakan berbagai moda transportasi yang dinilai lawas, seperti becak motor alias tuk-tuk, mobil dan bis model lama, kapal motor tradisional, hingga kereta api uap. 

Sepanjang iklan, keluhan para karyawan juga turut ditampilkan. Mulai dari hotel yang banyak nyamuk, moda transportasi yang tidak nyaman, menyesal dan mengeluh karena Thailand bukan tempat liburan yang bagus, dan lain sebagainya.

 

Para karyawan naik tuk-tuk di kota Bangkok, digambarkan dalam iklan Apple The Underdogs: OOO.Apple Para karyawan naik tuk-tuk di kota Bangkok, digambarkan dalam iklan Apple The Underdogs: OOO.

Nah, hal inilah yang kemungkinan menyulut emosi para penegak hukum, warga, hingga kreator konten yang ada di Thailand, terutama Bangkok.

Sebab, kota tersebut seakan digambarkan sebagai kota yang bermasalah yang penuh dengan orang dan banyak fasilitas kuno. 

Padahal, pemerintah Thailand kabarnya tengah berupaya untuk menjadikan kota yang ada di negara tersebut sebagai kota penghubung (hub) yang dikunjungi banyak turis, terutama untuk berbagai destinasi di Asia Tenggara.

Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan fasilitas dan layanan di industri pariwisata. Artinya, pemerintah Thailand ingin menunjukkan bahwa kota mereka nyaman dan tidak kuno bagi para turis. 

Baca juga: Apple Bikin Iklan Horor untuk Takuti Pengguna Android

Apa tanggapan Apple?

Seorang karyawan digambarkan tengah kebingungan di stasiun kereta di iklan Apple The Underdogs: OOO.Apple Seorang karyawan digambarkan tengah kebingungan di stasiun kereta di iklan Apple The Underdogs: OOO.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Time.com, Senin (5/8/2024), iklan Apple ini kabarnya hanya tayang selama dua minggu sebelum dihapus Apple. Iklan tersebut kemudian ditarik dan Apple meminta maaf kepada para masyarakat yang tersinggung akan konten yang mereka buat. 

"Niat kami adalah untuk merayakan budaya dan nilai optimisme yang ada di Thailand. Kami meminta maaf apabila kami belum bisa menyuguhkan konten yang sesuai dengan apa yang menjadi nilai yang ada di Thailand saat ini," kata Apple. 

"Kini, iklan tersebut sudah kami cabut dari peredaran," tambah Apple. 

Apple mengatakan pihaknya sebenarnya sudah bekerja sama dengan sejumlah rumah produksi lokal di Thailand supaya film ini bisa berjalan dengan lancar dan memiliki penggambaran kota Bangkok yang akurat. Namun, upaya ini tampaknya belum begitu maksimal. 

Meski sudah dihapus, pengguna tetap bisa menonton video ini di situs web GlassworksVFX. Mereka merupakan studio film yang mengurus efek visual iklan Apple The Underdogs: OOO. Video iklan Apple yang kontroversial ini bisa ditonton di tautan berikut ini.  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat